SEMARANG(TERASMEDIA.ID)– Hasil survei yang dilakukan Aksara Research and Consulting pada 15-25 Januari 2023 terhadap 800 responden di Jawa Tengah, berusia 17-39 tahun, pasangan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Bupati Kendal Dico Ganinduto dinilai layak untuk menjadi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah pada Pilpres 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif Aksara Research and Consulting, Hendri Kurniawan menyampaikan, kedua pasangan ini mendapatkan dukungan tertinggi dari kalangan pemilih muda di Jawa Tengah, yakni mendapatkan tingkat keterpilihan tertinggi sebesar 31,8 persen.

“Dua pemimpin muda ini dinilai berhasil memimpin daerahnya masing-masing, sehingga dipandang layak untuk memimpin Jawa Tengah ke depan,”kata Hendri Kurniawan dalam diskusi publik bertajuk “Peluang Pemimpin Muda dalam Pilkada Jawa Tengah 2024” di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (05/04/2023).

Hendri mengatakan, Gibran terbukti mampu menghadirkan kepemimpinan yang berbeda. Ia aktif di media sosial dan secara responsif mendengar keluhan dan laporan masyarakat berkaitan dengan pelayanan publik.

“Meski gayanya santai, Gibran merupakan pemimpin muda yang memiliki kemampuan pengambilan kebijakan yang mumpuni,” kata Hendri.

Sedangkan Dico M. Ganinduto, lanjut Hendri, kepala daerah yang memiliki pengalaman dalam penataan dan pengelolaan good government.

Menurut Hendri, Dico M. Ganinduto mampu memimpin birokrasi dan bekerja secara optimal dalam melayani masyarakat di daerahnya.

Sebagai Kepala Daerah yang basis penduduknya adalah santri, Dico juga diterima di kalangan masyarakat Kendal.

“Maka tidak heran, kedua kepala daerah muda ini banyak didukung untuk melanjutkan kepemimpinan yang lebih luas. Apalagi, Jawa Tengah merupakan provinsi yang terdiri dari perkotaan dan agraris,” ujar Hendri.

Hendri mengungkapkan, fenomena munculnya pemimpin-pemimpin muda di Jawa Tengah membawa harapan tersendiri bagi masa depan bangsa dan negara Indonesia.

Hendri berharap ke depan akan banyak muncul pemimpin-pemimpin muda yang menjadi kepala daerah di wilayah lainnya.
“Beberapa daerah di Jawa Tengah yang dipimpin oleh anak muda terbukti memiliki kinerja pelayanan pemerintahan yang optimal,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan, pasangan Gibran dan Dico sudah memiliki bekal yang cukup lumayan bagus.

Menurut Adi Prayitno, pasangan ini merupakan replika politik kaum muda yang dianggap memiliki penetrasi dan kinerja yang cukup menjanjikan di wilayahnya masing-masing.

“Ketika melihat nama Gibran-Dico, saya bilang ini pasangan cocok, di bawah 40 dan punya prestasi. di Kendal ada investasi, mendukung puluhan UMKM untuk ekspor, di Solo ada investasi,” kata Adi Prayitno.

Apalagi, lanjut Adi, saat berkunjung ke Hongkong, Dico mampu menggaet investor untuk melakukan investasi di Kendal. Menurut Adi, mengajak investor untuk datang itu bukan persoalan mudah karena berkaitan dengan kepercayaan.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini