Mahasiswa KKN UIN Saizu Purwokerto sedang memasak produk unggulan UMKN desa.(FOTO:TM/BR)

BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)– Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) Purwokerto sukses menggelar kuliah kerja nyata (KKN) angkatan ke-50 di empat kabupaten, belum lama ini.

Empat kabupaten tersebut yakni, Brebes, Purbalingga, Cilacap, dan Banjarnegara. Sedangkan yang mengikuti KKN sebanyak 1.900 mahasiswa dan tersebar di 200 desa.

“Alhamdulillah kami laporkan, mahasiswa KKN ke-50 berhasil melakukan pendampingan lebih dari 61 produk potensi desa. Juga melahirkan ratusan artikel pengabdian,” kata Kepala Pusat Pengabdian, LPPM UIN Saizu Purwokerto, Mawi Khusni Albar, Selasa (07/09/2022).

Menurut Mawi, fokus KKN UIN Saizu, yaitu pada potensi desa, mulai wisata, budaya hingga produk UMKM.

“Semua kegiatan KKN harus didasari pada ruh utama UIN Saizu, ‘Kampel Mas’ atau Kampus Peduli Masyarakat. Jadi, civitas akdemika benar-benar hadir membersamai masyarakat,” ujar Mawi.

Wakil Rektor I, Prof Fauzi juga mengapresiasi ratusan artikel pengabdian. Menurutnya, mahasiswa dan dosen juga bisa mengabdi secara intelektual. Mahasiswa menulis dan dosen terbuka peluang melakukan kajian dan penelitian lanjutan.

“KKN menempa mahasiswa dan dosen untuk hadir di tengah masyarakat dengan disiplin ilmu yang dimiliki. Dan seperti kita tahu, tridharma perguruan tinggi adalah bukti keberadaan kampus termasuk UIN Saizu,” paparnya.(BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini