DEMAK(TERASMEDIA.ID)– Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah memantau pelaksanaan uji kompetensi pejabat fungsional dan pelaksana di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak, yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Demak, Senin (05/12/22).

Turut mendampingi Bupati, Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, Pj Sekda Eko Pringgolaksito, dan Plt. Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Demak Herminingsih.

Uji kompetensi dengan metode CAT yang dilaksanakan selama dua hari ini, diikuti oleh 410 Aparatur Sipil Negara(ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak.

Kegiatan bagi pejabat fungsional dan pelaksana terbagi menjadi lima sesi. Untuk sesi pertama dan dua dilaksanakan tanggal 5 Desember 2022, sedangkan untuk sesi 3, 4 dan 5 dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2022.

Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah menyampaikan, kegiatan assesmen ini merupakan langkah awal Pemerintah Kabupaten Demak untuk memetakan talenta pegawai negeri sipil untuk mengetahui SDM tersebut terdapat potensi di salah satu bidang seperti potensi dalam kantor atau lapangan.

Selain itu, untuk menentukan apakah seorang ASN kompeten atau belum kompeten pada suatu unit kompetensi atau kualifikasi tertentu.

“Adanya assessment ini, atasan bisa melihat potensi-potensi pegawainya yang selama ini bekerja sudah maksimal atau tidak dalam mereka menempati posisi jabatan tersebut,”kata Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah.

Sementara itu, Plt. Kepala BKKP Herminingsih menjelasakan, assessment ini utamanya untuk pemetaan yang akan memperlihatkan kemampuan seorang ASN bisa menempati jabatan tertentu.

Sedangkan untuk materi dari assessment ini, yakni psikologi watak seseorang, kriteria intelegensi bekerja dan integritas.

“Tes kompetensi menjadi wajib untuk dilakukan dalam proses pengelolaan kepegawaian. Karena pada prinsipnya, setiap Sumber Daya Manusia(SDM) dalam suatu organisasi yang unggul, perlu memiliki kompetensi yang jelas dan terukur,”kata Herminingsih.

Herminingsih menerangkan,kegiatan ini digelar atas kerjasama Pemkab Demak dengan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah.

“Kami pesan kepada peserta untuk tetap semangat mengikuti tes ini sampai selesai. Cermati dan selesaikan setiap soal dengan baik,”pesan Herminingsih.(VID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini