PURBALINGGA(TERASMEDIA.ID)-Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Purbalingga ke-192, Pemerintah Daerah membagikan sejumlah bantuan kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian sosial.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilajukan oleh Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, Wakil Bupati Purbalingga, H. Sudono, dan Ketua DPRD Purbalingga, H.R. Bambang Irawan,bertempat di Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Selasa (27/12/2022).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Purbalingga, M. Fathurrohman, mengatakan pembagian bantuan ditujukan kepada awak angkutan, anak yatim dan fakir miskin, korban bencana, dan para penderes yang jatuh dari pohon kelapa.

Selain itu juga terdapat bantuan kepada petani tembakau dan dan buruh pabrik rokok yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), bantuan Orang Dengan Kecacatan Berat (ODKB), serta bantuan RTLH.

“Bantuan BLT DBHCHT sebesar Rp 1, 2 juta yang diberikan kepada 1.353 buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok dan vape. Kemudian bantuan kepada awak angkutan, berupa sembako senilai Rp 100 ribu yang diberikan kepada 1.893 orang yang terdiri dari pengemudi angkot, ojek online, tukang parkir dan tukang becak,” katanya.

Kemudian bantuan orang dengan kecacatan berat (ODKB), berupa uang sejumlah Rp 900 ribu yang diberikan kepada 300 ODKB.

Bantuan lembaga kesejahteraan sosial anak berupa sembako senilai Rp 6, 024 juta yang diberikan kepada 33 panti. Selain itu juga bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) berupa dana sebesar Rp 12 juta yang diberikan kepada dua orang warga Desa Baleraksa Kecamatan Karangmoncol.

“Kami juga berikan santunan anak yatim piatu sebesar Rp 200 ribi per anak diberikan kepada 3.967 anak yatim non panti. Santunan bagi penderes yang jatuh dari pohon kelapa sebesar Rp 5 juta bagi ahli waris yang meninggal, Rp 2, 5 juta bagi yang cacat tetap, dan Rp 1 juta bagi yang sakit atau luka. Dan terdapat pula bantuan kepada korban bencana berupa dana relokasi sebesar Rp 2 juta,” paparnya.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mengatakan, pemberian bantuan merupakan salah satu wujud perhatian Pemkab Purbalingga kepada masyarakat.

Ia berpesan agar sekiranya bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Penyerahan bantuan ini kami rangkaikan dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Purbalingga yang ke- 192. Oleh karenanya, semoga bisa memberikan manfaat dan berkah bagi semuanya,” harapnya.(BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini