BLORA(TERASMEDIA.ID)- Warga Kelurahan Tambahrejo Kecamatan Blora, melakukan aksi penanaman bibit pohon trembesi di Bantaran Sungai Lusi, Minggu (15/01/2022).

Kegiatan penanaman pohon ini, digelar sebagai upaya antisipasi terjadinya bencana erosi dan tanah longsor jika terjadi banjir.

Lurah Tambahrejo, Martin Uki Andana mengungkapkan, aksi penanaman bibit pohon trembesi digelar di Bantaran Sungai Lusi sepanjang 300 meter masuk wilayah Kelurahan Tambahrejo RT 04/ RW 02.

“Ada seratusan pohon trembesi yang kami siapkan untuk ditanam hari ini. Hal ini kami lakukan, untuk mencegah erosi tanah longsor dan banjir,” kata Martin Uki Andana saat di lokasi penanaman.

Uki mengatakan, wilayah sekitar Bantaran Sungai Lusi ini rawan meluap jika turun hujan deras. Terlebih sudah ada beberapa rumah warga yang menjadi korban pergerakan tanah akibat meluapnya sungai.

“Di wilayah ini memang rawan terjadi longsor karena airnya meluap. Kemarin ada tiga rumah warga yang bagian belakangnya rusak karena ada gerakan tanah. Dan ini dikhawatirkan semakin meluas ke beberapa rumah lainnya,” ujar Uki.

Uki berharap melalui aksi penanaman ini, ke depan bencana banjir maupun longsor tidak kembali terjadi.

“Mudah-mudahan dengan kita tanami ini, bisa mencegah banjir dan tanah longsor. Rencana nanti kita tanam mulai dari ujung Timur sampai Barat sepanjang 300 meter,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Karangtaruna Tambahrejo Guyub Rukun, Indra, bahwa kegiatan penanaman ini merupakan inisiatif warga sekitar untuk mencegah munculnya bencana di musim penghujan seperti saat ini.

“Ini memang inisiatif warga untuk bersama-sama mencegah datangnya bencana. Kami dari Karangtaruna berkomunikasi dengan kelurahan untuk melakukan kegiatan bersama-sama,” ujarnya.(MG)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini