Suasana gotong royong di pinggir tanggul Sungai Wulan.(FOTO:TM/ Dul)

DEMAK(TERASMEDIA.ID)– Puluhan warga Dusun Gedangan, Dusun Bengkal, dan Desa Mijen, Kecamatan Mijen, bergotong royong memperbaiki tanggul Sungai Wulan yang longsor akibat tak kuat menahan kerasnya debit air yang mengalir, Senin (02/01/2023).

Perbaikan tanggul ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya longsor susulan jika sungai Wulan ini menerima air kiriman dari wilayah atas.

“Gotong royong yang dilakukan oleh warga,yakni memasang pancang bambu sebagai penahan tanah agar longsor tidak semakin melebar dan mininggikan tanggul dengan karung yang diisi dengan tanah,”kata salah satu warga, Sigit.

Meskipun dari pihak pengairan sudah mengerahkan dua alat berat excavator, pemerintah desa mengimbau warga agar tetap bahu-membahu membantu pembendungan tanggul yang longsor tersebut agar pekerjaan lebih cepat dan kuat.

“Setelah sholat subuh, saya mendengar pengumuman di masjid untuk gotong royong membendung tanggul yang longsor di Dusun Bengkal. Sekitar pukul 06.30, saya beserta warga yang lain menuju tanggul untuk ikut membantu,”ujar Sigit.

Menurut Sigit, sampai sekarang warga masih tetap berjaga-jaga untuk terus memantau tanggul yang diperbaiki, karena debit air yang mengalir dari bendungan Wilalung masih besar mencapai 790 m3/detik.(Dul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini