SRAGEN(TERASMEDIA.ID)-Kodim 0725/Sragen kembali melaksanakan kegiatan penanaman pohon jambu mete di Dukuh Genengsari, Desa Bagor Kecamatan Miri. Dipilihnya pohon jambu mete atau jambu monyet ini, dinilai cocok ditanam di Desa tersebut.

Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada segenap pihak atas kepedulian dan kerja samanya dalam upaya pemulihan dan pelestarian lingkungan di Desa Bagor, Kecamatan Miri.

Ada sebanyak 200 pohon ditanam di lahan kas desa seluas 4000 m. Dandim 0725/ Sragen mengajak kepada yang hadir dalam acara penanaman pohon ini, untuk selalu menjaga bumi, dimulai dengan menjaga lingkungan yang ada di sekitar rumah.

“Mudah-mudahan program penghijauan lingkungan ini, mampu ditangkap dan ditanggapi positif oleh masyarakat Kecamatan Miri dan sekitarnya, beserta para pihak yang terkait. Sehingga kegiatan ini dapat membuahkan hasil yang bermanfaat bagi upaya konservasi lingkungan di Kabupaten Sragen secara umum,”kata Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda, Selasa(14/02/2023).

Dandim 0725/ Sragen berharap, kegiatan menanam ini nantinya dapat ditindaklanjuti secara terintegratif dan berkelanjutan, dikawal dan diawasi dengan seksama, sehingga upaya-upaya konservatif lingkungan, benar-benar tepat sasaran, bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, tidak sekedar formalitas semata, dan tidak menjadi program yang sia-sia.

“Kali ini mungkin baru ratusan pohon yang akan ditanam di sekitar kawasan Kecamatan Miri. Namun ke depan dari ratusan pohon tersebut, dapat menyelamatkan ratusan mata air yang berguna bagi ribuan penduduk,”tegas Dandim 0725/ Sragen.

Dandim 0725/ Sragen yang merupakan Alumni Akmil tahun 2003 ini, menjelaskan beberapa manfaat dari penghijauan lingkungan yaitu membantu mengurangi polusi udara, mengurangi dampak perubahan iklim, meningkatkan kesehatan fisik, memberikan perlindungan dari panas matahari, menjaga kesehatan mental, sebagai rumah bagi satwa liar dan menyimpan cadangan air.

Dandim 0725/ Sragen berpesan agar pelestarian dan penanaman pohon di kawasan hijau yang ada di Desa Bagor Kecamatan Miri ini, menjadi agenda rutin bagi seluruh jajaran Pemerintah Kecamatan Miri maupun wilayah lainnya, karena hal ini sangat berpengaruh kepada kelestarian lingkungan.(SL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini