GROBOGAN(TERASMEDIA.ID)-Sentra industri arak di Dusun Plumpungan, Banjardowo, Kradenan, Grobogan diobrak-abrik oleh anggota Polres Grobogan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan tahun 2023 ini.

Sebanyak empat gerigen dan 80 botol arak berhasil diamankan dalam operasi cipta kondisi ini.
Operasi yang dipimpin KBO Samapta Polres Grobogan Iptu Masngud Afandi itu sendiri, cukup membuat warga setempat kaget.

Kapolres Grobogan, AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kasat Samapta Polres Grobogan AKP Daryanto mengatakan, awalnya petugas mendapat laporan atau aduan dari masyarakat jika di Dusun Plumpungan merupakan penghasil arak terbesar di Grobogan dan pemasarannya hingga ke beberapa daerah di Jateng dan bahkan hingga luar Jateng.

‘’Operasi ini kami laksanakan dalam rangka cipta kondisi menjelang Ramadhan, dan adanya aduan masyarakat terkait produksi arak di Plumpungan ,’’ kata Kasat Samapta Polres Grobogan, AKP Daryanto.

Menurut AKP Daryanto, hampir sebagian besar warga setempat mempunyai pekerjaan sampingan membuat arak. Hal itu bisa dirasakan jika melewati dusun tersebut, dengan radius satu kilometer, bau arak sudah terasa menyengat.

Dari aduan masyarakat itu, Sat Samapta Polres Grobogan bergerak cepat menindaklanjuti dengan melakukan operasi di rumah warga di Dusun Plumpungan.

Satu persatu rumah warga didatangi dan dilakukan pemeriksaan secara teliti oleh petugas untuk memastikan tidak ada arak yang disimpan di dalam rumah.

“Selain miras, operasi ini juga akan terus dilakukan dengan sasaran penyakit masyarakat lainnya dan petasan. Harapannya, selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri 1444 H nanti tidak ada petasan. Apalagi pabrik petasan yang dapat menyebabkan adanya korban,” jelas AKP Daryanto.

AKP Daryanto juga mengatakan, kedatangan petugas ke sentra industri arak Plumpungan itu merupakan langkah pembinaan. Meski begitu, barang bukti yang didapatkan tetap dilakukan penyitaan.

AKP Daryanto berharap, nantinya tidak ada lagi produksi minuman beralkohol agar tercipta situasi yang aman khususnya menjelang bulan suci Ramadhan.(Han)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini