Bupati Kendal Dico M. Ganinduto didampingi Kapolres Kendal AKBP Jamal Alam, sedang berbincang dengan petugas pasar murah.(FOTO:TM/ Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Bupati Kendal Dico M. Ganinduto, membuka pasar murah di Alun- alun Kendal, Senin(17/04/2023).

Pasar murah yang digelar selama dua hari yakni, Senin 17- Selasa 18 April 2023 ini, bertujuan untuk memberikan kebahagian kepada masyarakat kurang mampu, dan sekaligus untuk menjaga stabilitas harga sembako menjelang hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Terhitung hari ini, bahan– bahan pokok yang ada di Kabupaten Kendal, harganya cenderung stabil. Meskipun ada kenaikan, kenaikannya sangat sedikit sekali. Melalui dinas terkait dan tim pengendali inflasi, kami akan memastikan kebutuhan dan ketersediaan barang akan terjamin sampai hari Raya Idul Fitri 1444 H,” kata Bupati Kendal Dico M. Ganinduto.

Dico M. Ganinduto mengimbau, kepada masyarakat untuk tidak memborong barang kebutuhan pokok yang berlebihan untuk disimpan selama satu minggu, bahkan sampai dua minggu.

“Mudah- mudahan jika hal itu tidak dilakukan oleh masyarakat, artinya masyarakat juga bisa mendukung dan menjaga stabilitas harga bahan pokok yang ada di Kabupaten Kendal. Belilah secukupnya, Insya Allah pemerintah akan memastikan bahwa stock bahan pokok cukup untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Kendal,”papar Dico.

Dico berharap, mudah- mudahan pasar murah yang digelar ini, bisa memberikan manfaat dan keberkahan serta kesehatan pada bulan puasa Ramadan 1444 H ini.

Sekretaris Daerah(Sekda) Kendal Sugiono, mengatakan bahwa pasar murah yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kendal ini, diikuti oleh sekitar 52 peserta, terdiri dari 27 Organisasi Perangkat Daerah(OPD), 3 instansi vertikal, 8 BUMN/ BUMD, 7 organisasi masyarakat dan 7 dari swasta.

“Barang yang dijual sebanyak 1.500 paket sembako, baik yang dijual melalui kupon maupun bebas. Paket sembako tersebut yakni, beras 2,5 kilogram, gula pasir 1 kilogram, minyak goreng 1 liter, 10 butir telur ayam,”kata Sekda Kendal Sugiono.

Menurut Sugiono, selain tersebut di atas, di pasar murah ini, pemerintah Kabupaten Kendal, memberikan layanan pendukung yaitu, pengisian layanan KTP elektronik oleh Dispendukcapil, pelayanan SIM oleh Polres Kendal, layanan pembayaran pajak dan pajak lainnya oleh Bapenda Kendal serta layanan kesehatan oleh Dinkes Kendal.

“Pasar murah ini, dilakukan untuk menjaga ketersediaan dan keterjangkauan kebutuhan pokok terutama menjelang hari Raya Idul Fitri 1444 H, sehingga memudahkan akses masyarakat untuk mendapatkan sembako,”ujar Sekda Kendal Sugiono.

Sri Muryani(40), salah satu warga Kelurahan Langenharjo, mengatakan, ia membeli sembako dalam bentuk paket seharga Rp 50 ribu, yang isinya beras 2, 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kilogram dan telor sebanyak 10 butir.

“Lumayan pak, sembakonya murah. Rp 50 ribu dapat banyak,”ucap Sri Muryani.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini