Kabag Kesra Junaedi secara simbolis menyerahkan bantuan kepada panitia acara KH. Ubaidillah.(FOTO:TM/ Ndre)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Haul Mbah Wali Gembyang Tahun 2023 yang dilaksanakan di Makam Mbah Wali Gembyang Kelurahan Patukangan, Kecamatan Kendal, pada Minggu 30 April 2023, diperingati dengan cukup sederhana, yakni selamatan biasa dan pemotongan tumpeng.

Acara haul dihadiri oleh, Kepala Bagian(Kabag) Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kendal, Junaedi, Pimpinan Pondok Pesantern (Ponpes) Al Islah, Kota Semarang, KH. Budi Hardjono, camat Kendal, Asiati Rosyada beserta Forkopimcam, para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan ribuan masyarakat Kabupaten Kendal.

Dalam sambutannya, Kabag Kesra, Junaedi yang mewakili Bupati Kendal karena berhalangan hadir, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin.

Menurut Junaedi, bahwa haul dilakukan untuk mendoakan para pejuang penyebar agama Islam terdahulu. Selain itu, haul ini diperingati untuk melestarikan tradisi, karena sebagai penghargaan kepada para tokoh agama atau alim ulama yang telah meninggal dunia seperti Wali Gembyang ini.

Selain itu, juga untuk mengenang jasa para wali, masyayikh dan ulama Kendal, dimana waktu itu para wali telah berjuang untuk syiar agama Islam, khususnya di Kendal.

“Kita harus mendoakannya. Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai motivasi bersama untuk memperkuat ukhuwah islamiyah, memperkuat persatuan dan kesatuan, dalam mewujudkan tata kehidupan masyarakat Kendal yang aman, nyaman, tenteram, damai dan semakin sejahtera,” pinta Junaedi.

Ketua Panitia Haul Mbah Wali Gembyang, KH. Ubaidillah menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut serta membantu, sehingga acara haul ini bisa berjalan lancar.

“Kami doakan, semoga semua yang hadir dalam acara ini, dan seluruh masyarakat Kendal mendapatkan keberkahan dari Allah SWT,”kata KH. Ubaidillah.

Dalam acara ini, juga diserahkan bantuan untuk pembangunan makam Mbah Wali Gembyang sebanyak Rp 5 juta dari Baznas Kendal, oleh Kabag Kesra, Junaedi kepada panitia acara KH. Ubaidillah.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini