SRAGEN(TERASMEDIA.ID)-Hiruk pikuk dan suasana lebaran 2023 sebentar lagi selesai. Sebagian besar pemudik sudah kembali ke wilayahnya atau tempat kerja masing- masing.

Hal tersebut dikatakan Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama, saat memimpin briefing bersama Dandim 0725/ Sragen di halaman Mapolres setempat, Senin(01/05/2023).

“Seperti halnya disampaikan pemerintah, bahwa pemudik tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin. Dan, terasa berbeda mudik tahun ini, karena lebih kelihatan semarak. Tentunya, untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah dan Polri khususnya, telah mempersiapkan segala sesuatunya sehingga mudik tahun ini lebih baik dan lebih lancar dari pada tahun lalu,”kata Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama.

Kapolres mengatakan, rekayasa arus lalu lintas sudah dipersiapkan lebih matang baik contra flow, one way atau rekayasa arus lainnya. Semuanya dilakukan untuk memberikan keamanan, keselamatan serta kenyamanan bagi warga yang sedang mudik lebaran.

“Kesigapan dan kerja sama antar instansi di lapangan sangat diperlukan untuk mengantisipasi dan mengatasi segala permasalahan yang ada,”ujar Kapolres.

Begitupun kegiatan pengamanan di wilayah Sragen, kesiapan personil Polres Sragen dengan menggandeng instansi terkait dalam menghadapi lebaran tahun ini dari jauh hari sudah dipersiapkan.

“Sinergitas TNI-Polri nampak sekali dalam menjawab tantangan dalam pengamanan lebaran tahun ini, baik di Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, Pos Terpadu serta kegiaan patroli bersama,”ucap kapolres.

Menurut Kapolres, dalam lebaran tahun ini, tidak hanya kesatuan TNI Kodim 0725/Sragen saja yang diterjunkan di lapangan, namun dari Batalyon Raider 408 sebanyak 50 personil yang selama ini stand by di Mako dilibatkan langsung dalam Pos- pos pengamanan sehingga menambah kekuatan personil di lapangan.

“Pengamanan lebaran di wilayah Sragen, diperkuat dari BKO Brimob Polda Jateng sebantak 75 personil, Kodim 0725/Sragen sebanyak 35 personil, Batalyon 408 Subrastha sebanyak 50 personil serta instansi terkait dan pengamanan swadaya masyarat. Sehingga nampak sekali kehadiran petugas di lapangan bisa memberikan keamanan serta kenyamanan pemudik yang melintas di wilayah Sragen, baik yang melalui jalan alteri maupun jalan tol,”papar Kapolres.

Humas Polres Sragen Iptu Ari Pujiantoro, mengatakan, banyak masyarakat memberikan apresiasi lewat petugas di lapangan, terkait kesigapan petugas dalam membantu pemudik.
Bahwa tahun ini, pengamanan sedikit berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya terkait keterlibatan personil dalam pengamanan lebaran 2023.

“Alhamdulillah, arus mudik dan balik lebaran tahun 2023 secara umum dapat berjalan dengan baik, lancar situasi umum wilayah Sragen juga aman dan kondusif, ” ujar Iptu Ari Pujiantoro.(Soes)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini