BLORA(TERASMEDIA.ID)– Kementerian perhubungan (Kemenhub) mulai melakukan revitalisasi terminal tipe A Cepu di Kabupaten Blora. Revitalisasi menelan anggaran mencapai sekitar Rp 32 miliar.

Revitalisasi Terminal Cepu ini, ditandai dengan seremoni Groundbreaking pembangunan yang dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno, dengan dihadiri Bupati Blora Arief Rohman, Jumat(15/06/2023).

Hendro Sugiatno berharap, revitalisasi terminal Cepu tersebut selain bisa meningkatkan pelayanan transportasi, juga bisa berfungsi untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat.

“Terminal ini bukan hanya berfungsi untuk naik turun penumpang saja tapi ada kegunaan-kegunaan di situ. Ada fungsi-fungsi ekonomi yang tumbuh, ada UMKM, ada kegiatan masyarakat ada ruang pertemuan yang mungkin bisa 200-250 orang yang bisa ditampung silakan masyarakat Cepu agar bisa memanfaatkan,” harap Hendro Sugiatno.

Bahkan, dia juga ingin agar nantinya pemerintah daerah bisa mendorong UMKM untuk meramaikan terminal, misalnya dengan menjadikan pusat kuliner.

“Kalau mungkin bisa berhenti jam 5 sore, tetapi yang malam (ekonomi) tetap tumbuh. Pak Bupati mungkin bisa menumbuhkan pusat-pusat kuliner yang ada di Cepu nanti untuk bisa berdiri di terminal ini,” ujarnya.

Revitalisasi ini, lanjutnya dianggarkan total Rp 32 Miliar yang bersumber dari SBSN dan ditargetkan bisa selesai pada tahun ini. Berbagai fasilitas yang berstandar juga akan dibangun untuk meningkatkan layanan dan fungsi terminal.

Sementara itu, Bupati Blora Arief Rohman menyatakan, pihaknya ingin terminal Cepu nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan positif masyarakat.

Sehingga selain ekonomi bergeliat, diharap Cepu bisa semakin ramai.

“Tadi paparannya akan jadi terminal yang indah, kami juga mohon kedepan bisa kita manfaatkan selain untuk UMKM, nanti hari Minggu biar ada car free day dan sebagainya, biar Cepu ini ekonominya semakin menggeliat dan ramai,” jelasnya

Dikatakan bahwa Cepu ini merupakan wilayah strategis, termasuk kaitannya dengan transportasi darat.

Mengingat bahwa terminal tersebut selalu ramai dan banyak bus dari provinsi lain seperti Jawa Timur yang berhenti di Terminal Cepu juga.

Pihaknya menilai, revitalisasi terminal penumpang yang saat ini telah dimulai, akan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, khususnya berkaitan dengan pelayanan transportasi darat.

“Cepu ini adalah kecamatan di Kabupaten Blora, tapi lebih ramai dari Blora. Kalau pusat ekonomi dan sebagainya ada di Cepu. Di sini jadi pusat ekonomi, ada bandara, ada stasiun kereta api dan ada terminal, termasuk Cepu ini kota migas ada banyak sekolah dan pusat pelatihan migas juga ada di sini,” terangnya.(MG-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini