Kapolres Grobogan, AKBP Dedy Anung Kurniawan sedang menyaksikan seorang tahanan sedang azan.(FOTO:TM/ Han)

GROBOGAN(TERASMEDIA.ID)– Menjadi seorang tahanan tidak lantas membatasi semua gerak-gerik napi yang ada di dalamnya. Seberapa besar kejahatan yang mereka lakukan, mereka tetaplah manusia yang perlu dihargai sama seperti manusia yang lain.

Seperti yang ditunjukkan Polres Grobogan yang memiliki cara unik untuk memperingati Hari Bhayangkara ke- 77 yang jatuh pada 1 Juli 2023.

Untuk pertama kalinya, Polres Grobogan mengajak para tahanan yang ada di rumah tahanan (rutan) Polres Grobogan untuk memeriahkan acara Hari Bhayangkara dengan menggelar lomba azan antar narapidana, Rabu (21/06/2023).

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan yang hadir langsung dalam acara tersebut mengatakan, sebagai narapidana mereka adalah seorang manusia, dan manusia tetaplah harus disayangi.

“Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara yang ke- 77 ini, Polres Grobogan menggelar lomba azan antar tahanan. Lomba azan ini kami lakukan untuk ‘memanusiakan’ para tahanan,” kata Kapolres Grobogan, AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Lomba azan ini juga dilakukan agar mereka yang berada di dalam (sel) ini juga tidak merasa jenuh juga serta tidak kesepian. Selain itu juga dilakukan untuk mendekatkan para tahanan dengan Sang Pencipta.

“Ini untuk memotivasi agar lebih dekat dengan Allah. Intinya dengan lomba azan ini diharapkan bisa menambahkan giat beribadah, tentunya juga membuat mereka bertaubat,” jelas AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Dalam lomba azan ini, diikuti delapan tahanan yang mewakili empat kamar sel yang ada di rumah tahanan Polres Grobogan.

AKBP Dedy Anung Kurniawan mengungkapkan, para tahanan menyambut dengan antusias tinggi ketika dilibatkan dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-77 ini.

“Para tahanan juga menyampaikan terima kasih karena sudah dilibatkan dalam lomba. Selain itu juga karena mendapatkan hadiah bagi para pemenang lomba azan itu,”ujar AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Dengan dilibatkannya para tahanan dalam pelaksanaan lomba ini, AKBP Dedy Anung Kurniawan berharap kegiatan ini bisa membawa dampak positif bagi para tahanan untuk menjadi warga negara yang baik.(Han)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini