Sejumlah panitia dan narasumber foto bersama usai sarasehan.(FOTO:TM/ Ndre)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Dewan Harian Cabang(DHC) 45 Kabupaten Kendal menggelar acara “Sarasehan Implementasi Semangat Nilai Kejuangan 45” di ruang Abdi Praja Setda Kendal, Sabtu(12/08/2023).

Sarasehan ini, menghadirkan Ketua MUI Kabupaten Kendal, KH. Asroi Tohir, dan Kapten Inf. Sudirman dari Kodim 0715/ Kendal.

Selain Ketua Dewan Harian Cabang 45 Kabupaten Kendal, Drs. Soepardjan, M.Si., Acara ini dihadiri oleh Asisten Sekda Kendal, Fauzi, Ketua Pepabri diwakilkan Letkol. Purnawirawan TNI, Suparno, Ketua PPAD Kendal, Letkol Purnawirawan TNI, Joko Tamtomo, Ketua Dharma Wanita Kendal, Forkopimda, sejumlah organisasi kemasyarakatan, dan para mahasiswa di Kabupaten Kendal.

Ketua MUI Kendal, KH. Asroi Tohir mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membangunkan kesadaran kembali bahwa yang namanya kaderisasi generasi tua kepada generasi muda itu sebuah keniscayaan, tidak bisa ditinggalkan.

Demikian juga bagi generasi muda itu sendiri, harus menghormati generasi tua, itu juga sebuah suatu keniscayaan. Sebab, ketika kedua generasi ini tidak ketemu, maka yang muncul adalah konflik sosial dan menjadi tidak baik.

“Oleh karena itulah, maka Rasulullah, dalam bahasa yang cukup keras, menyampaikan “Tidak masuk golonganku ketika orang tua tidak berkasih sayang kepada anak-anak muda. Dan tidak masuk golonganku, ketika anak-anak muda tidak memiliki rasa hormat kepada orang tua”.Jadi dua-duanya itu diperlukan sikap yang berbeda tapi jiwanya sama,”papar KH. Asroi Tohir.

Ketua DHC 45, Kabupaten Kendal, Drs. Soepardjan, mengatakan, pertama, sarasehan ini merupakan program kerja tahunan DHC 45 Kabupaten Kendal.

Yang kedua, sarasehan ini, momentum peringatan ulang tahun kemerdekaan RI ke-78 yang dijadikan sebagai wahana untuk evaluasi, perenungan kembali, kemudian koordinasi dan untuk memantapkan kegiatan yang ada di Kabupaten Kendal.

“Karena ini juga sebagai bagian untuk silaturahmi antar organisasi, dan kebetulan DHC 45 mempunyai tugas pokok dan fungsi pelestarian jiwa dan semangat serta nilai- nilai kejuangan, maka dari itu, sarasehan ini biar saling untuk mengingatkan,”kata Supardjan.

“Tentu, yang pada akhirnya terjadi persatuan dan utuhnya kesatuan serta kekompakan bagi anggota DHC 45 yang ada di Kabupaten Kendal,”imbuh Supardjan.

Berikutnya, lanjut Supardjan, tidak berhenti sampai di sini saja, tapi pihaknya akan menjalin koordinasi dengan semua elemen masyarakat untuk terus menggelorakan nilai-nilai perjuangan ini kepada anak sekolah, generasi muda dan masyarakat luas.

“Kalau untuk anak sekolah, kaitannya dengan budaya yang ada sekarang. Kemudian apa tradisi yang ada sekarang, walaupun kondisi teknologi sudah maju, namun anak-anak kita harus tetap sesuai dengan misinya, yakni belajar yang tekun menjadi anak yang baik kedepannya,”harap Supardjan.

Suparjan mengaku, pihaknya pada bulan September 2023 mendatang, akan menggelar acara serupa khusus bagi anak- anak sekolah.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini