BLORA(TERASMEDIA.ID)– Karnaval merah putih gemilang semarak kemerdekaan RI ke- 78 di Desa Kamolan Kabupaten Blora berjalan meriah.

Karnaval ini diikuti 18 peserta mulai dari tingkat sekolah hingga warga di enam pedukuhan.

Kepala Desa Kamolan, Majianto mengatakan karnaval kali ini dimulai dari Dukuh Dumpul dan finish di depan SMPN 3 Blora. Peserta berjalan kaki melintasi tengah perkampungan warga.

“Peserta berjalan dari dukuh Dumpul lalu ke barat, sampai perempatan Desa Kamolan dan finish di depan SMPN 3,” kata Majianto, Kamis (31/08/2023).

Karnaval berjalan dengan iring-iringan marching band siswa TK, lalu diikuti kereta kencana Kepala Desa dilanjutkan rombongan pelajar SD dan disusul rombongan dari enam pedukuhan.

Beragam kreasi ditampilkan seluruh peserta untuk menghibur warga. Mulai dari replika kuda, replika tikus hingga ikan paus.

“Masing-masing peserta menampilkan hasil kreasi sendiri. Kami bebaskan kreasinya, yang penting kegiatan bisa berjalan semarak dan guyub rukun,” ujar Mujianto.

Majianto mengungkapkan jika jalannya karnaval tahun ini diakuinya lebih semarak dibanding tahun lalu. Sebab tahun ini sudah tidak ada pembatasan kegiatan karena Covid-19.

” Tahun ini kalau kita lihat lebih meriah. Antusiasme warga luar biasa. Bahkan ada juga peserta yang menyewa angklung jalanan agar karnaval semakin meriah,” terangnya.

Teguh, salah satu warga mengaku senang dengan kegiatan karnaval ini. Ia mengaku sengaja datang dari Desa Jepangrejo untuk melihat karnaval bersama keluarganya.

“Senang sekali mas. Gak apa-apa panas-panas yang penting puas bisa melihat karnaval ini. Bagus-bagus dan lucu-lucu tampilannya,” katanya.(MN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini