Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi PDI Perjuangan, Rahmad Handoyo foto bersama dengan para peserta sosialisasi.(FOTO:TM/ Hasna)

SUKOHARJO(TERASMEDIA.ID)–  Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi PDI Perjuangan, Rahmad Handoyo bersama Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah menggelar kegiatan Sosialisasi Promosi dan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Program Percepatan Penurunan Stunting di Desa Kateguhan, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo pada Jumat (06/10/2023).

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi PDI Perjuangan, Rahmad Handoyo, Kepala Perwakilan BKKBN Jateng, Eka Sulistya Ediningsih, dan Kabid Pengendalian Penduduk Dinas P2AKB Sukoharjo, Hartawan Tri Wibawa, serta turut hadir Kades Kateguhan, Giyanto.

Rahmad Handoyo menjelaskan, stunting perlu dicegah, karena stunting akan menyebabkan anak menjadi kurang cerdas dan pertumbuhan anak terganggu.

“Kebanyakan masyarakat mengetahui bahwa stunting itu mesti pendek. Padahal, pendek itu belum tentu stunting. Kita perlu mencegah stunting sejak dini. Karena stunting yang sudah terjadi diatas dua tahun akan sulit disembuhkan,” kata RahmadHandoyo.

Pada kesempatan ini, Rahmad Handoyo juga berpesan kepada warga yang berumur di atas 40 tahun untuk melakukan cek kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Untuk apa kita perlu mengecek kesehatan kita? Agar kita mengetahui kadar gula darah kita, tekanan darah kita, dan kadar kolesterol kita. Sehingga kita bisa lebih berhati-hati dalam mengatur pola makan. Karena penyakit yang ada pada tubuh manusia itu diakibatkan bukan dari faktor keturunan. Tetapi kebanyakan dari pola makan yang tidak baik,” tandasnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Jateng, Eka Sulistya Ediningsih, menyatakan, penurunan stunting adalah program prioritas nasional yang harus dilaksanakan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, maupun Pemerintah Daerah.

“Program 1000 hari pertama kehidupan perlu dioptimalkan untuk menyongsong tahun 2045 sebagai Indonesia Emas untuk Republik Indonesia. Hal ini perlu dilakukan dari masa kehamilan sampai bayi berusia 2 tahun. Karena itu, masyarakat perlu diimbau untuk menghindari makanan yang berpengawet, pentingnya kebersihan atau sanitasi keluarga dan lingkungan, dan memperhatikan pola asuh anak. Agar angka stunting bisa menurun,” papar Eka Sulistya.

Eka Sulistya menerangkan, untuk menghindari stunting, masyarakat perlu memperhatikan usia perkawinan yang ideal yaitu 21 tahun.

“Ini agar tumbuh kembang anak-anak bisa lebih baik,” tandasnya.

Kabid Pengendalian Penduduk Dinas P2AKB Sukoharjo, Hartawan Tri Wibawa  mengungkapkan, stunting adalah kondisi anak dimana perkembangan dan pertumbuhannya kurang. Pertumbuhan terkait badannya. Sedang perkembangan terkait otak atau kecerdasan.

“Target Nasional adalah Indonesia terbebas dari stunting di Tahun 2024. Karena itu, pencegahan stunting secara dini ini menjadi tugas kita bersama, termasuk tugas TPK (tim pendamping keluarga),” kata Hartawan.

Hartawan menambahkan, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah stunting. Pertama, calon pengantin perlu memperhatikan usia minimal menikah, yaitu 21 tahun.

Selain itu, kedua calon pengantin juga harus dalam keadaan sehat. Kedua, ibu hamil perlu memperhatikan umur rawan kehamilan, yaitu 0-3 bulan dan 7 – 9 bulan.

Ketiga, ibu harus menyusukan ASI (air susu ibu) Eklusif untuk bayinya. ASI pertama untuk kekebalan bayi itu sangat penting dan harus diberikan kepada bayinya.

“Dan keempat, warga perlu mengetahui kegunaan alat-alat kontrasepsi. Karena itu, ibu dan bapak harus mau melakukan KB. Karena berencana itu keren,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kateguhan, Giyanto,  dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Rahmad Handoyo dan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah di desanya.

Giyanto menjelaskan, untuk tahun 2022, di Desa Kateguhan ada 34 anak beresiko stunting. Karena kerja keras berbagai pihak, tahun 2023 ini stunting tinggal dua anak dan resiko tinggi ibu hamil ada dua.

“Hal ini membuktikan kalau Desa Kateguhan serius dalam menangani stunting. Kami anggarkan tahun ini Rp 70 juta untuk menangani stunting,” kata Giyanto dalam sambutannya.

Giyanto berharap, acara sosialisasi ini bisa bermanfaat untuk warganya dan menggugah kesadaran akan arti pentingnya menjalani pola hidup sehat.(Hasna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini