Anak- anak sedang membaca buku perpustakaan.(FOTO:TM/ Ndre)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)- Satpolairud Polres Kendal mengadakan kegiatan Kapal Perpustakaan Terapung di Dermaga Pelabuhan Mororejo Kaliwungu, Jumat (06/10/2023).

Dalam kegiatan ini, dua Kapal Polair disulap menjadi perpustakaan terapung. Kegiatan Kapal Perpustakaan Terapung ini, merupakan salah satu program unggulan Ditpolairud Polda Jateng, sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat pesisir di Jawa Tengah khususnya anak- anak,

Sebanyak 20 siswa bersama dua orang guru pendamping dari Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama 06 Mororejo Kaliwungu Kendal didatangkan di Kapal Perpustakaan Terapung ini.

KBO Satpolairud Polres Kendal, IPTU Sutrisno mengatakan, pihaknya menerjunkan dua unit kapal sebagai sarana Perpustakaan Terapung, yakni Kapal Polisi IX – 1008 dan Kapal IX-1023.

Menurut Iptu Sutrisno, kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan tugas pokok dan peran Polisi Perairan dan Udara (Polairud) serta mengenalkan peralatan keselamatan perairan.

“Kami kenalkan kepada anak- anak tentang Polisi Perairan. Seperti apa tugas Polisi Perairan kepada anak-anak usia dini, serta kami tanamkan pentingnya menjaga keselamatan di wilayah perairan,” kata Iptu Sutrisno.

Dalam kesempatan ini, para siswa juga diajak menyanyikan lagu-lagu nasional dan sejumlah lagu daerah untuk mengenalkan cinta tanah air dan bangsa sejak usia dini.

“Para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan yang digelar ini. Mereka juga terlihat ceria saat diberi kesempatan menaiki Kapal Perpustakaan Terapung yang bersandar di Dermaga Pelabuhan Kendal dan membaca berbagai buku bacaan yang telah dipersiapkan di dalam Kabin Kapal,”terang Iptu Sutrisno.

Sementara itu, Dirpolair Polda Jateng, Kombes Pol Hariadi mengungkapkan, kegiatan Kapal Perpustakaan Terapung ini merupakan salah satu program unggulan Ditpolairud Polda Jateng.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan implementasi dari program unggulan Dir Polairud Koorpolairud Baharkam Polri sebagai bentuk pendekatan dan upaya meningkatkan budaya gemar membaca bagi masyarakat pesisir.

“semoga dengan upaya ini, kami bisa membantu mencerdaskan anak- anak yang merupakan aset bangsa,”ucapnya.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini