KENDAL(TERASMEDIA.ID)- Pemerintah Kabupaten Kendal bekerja sama dengan Baznas Kendal, PMI dan IKA SMNIK Kendal menyalurkan bantuan air bersih kepada Warga Dusun Ngrobyong Desa Curugsewu, Kecamatan Patean, Selasa (14/11/2023).

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, yang hadir pada acara ini menyampaikan, bahwa bantuan air bersih yang diberikan kepada warga Dusun Ngrobyong Desa Curugsewu ini, sebanyak tiga buah tangki.

Menurut Bupati Kendal, di Desa Curugsewu ini bukan hanya masalah kekeringan yang terjadi di musim kemarau saja, tetapi selama ini memang belum ada sumur air untuk didistribusikan kepada kurang lebih 600 kepala keluarga(KK).

Alhamdulillah, lanjut bupati, tahun ini sudah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk pelaksanaan pengeboran sumur air bersih.

“Dengan bantuan sumur bor dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, maka dari Pemerintah Kabupaten Kendal akan membantu terkait dengan pipanisasi pendistribusian air bersih untuk warga, sehingga warga yang ada di Curugsewu ini sudah tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan air bersih,” papar bupati.

Bupati juga menyampaikan, bahwa pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan desa-desa lainnya untuk memastikan bantuan Pemerintah Kabupaten Kendal terkait kebutuhan pokok air bersih dapat tersalurkan dengan baik.

Ketua Baznas Kendal, Samsul Huda mengatakan, bahwa dari Baznas Kendal hingga hari ini telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 28 tangki yang tersebar di wilayah Kabupaten Kendal termasuk di Desa Curug Sewu ini.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kendal, Ali Sutaryo menjelaskan, sebelumnya BPBD Kendal sudah menyalurkan bantuan air bersih di Dusun Ngrobyong dan dusun lainnya yang ada di wilayah Kecamatan Patean.

Ali Sutaryo menjelaskan, berdasarkan siaga bencana, sedikitnya ada tujuh kecamatan dan 12 desa yang mengalami kekeringan di Kabupaten Kendal.

“Alhamdulillah, sebanyak 300 tangki air bersih yang sudah tersalurkan kepada warga yang membutuhkan,”kata Ali Sutaryo.

Salah satu warga Dusun Ngrobyong, Yamah mengatakan, bantuan air bersih ini sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-sehari.

“Terima kasih Pemerintah Kabupaten Kendal dan semua pihak terkait atas bantuan air bersih yang sudah diberikan. Semoga bisa bermanfaat bagi semua,” kata Yamah.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini