Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Suharyanto sedang berbincang dengan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.(Foto:TM/ Istw)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Suharyanto, bersama rombongan memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir di Perumahan Griya Praja Mukti(GPM) Kelurahan Langenharjo Kendal, Minggu(17/03/2024) siang.

Dengan didampingi Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Sekda Kendal, Sugiono, Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan, Dandim 0715/ Kendal Letnan Kolonel Infanteri, Ely Purwadi, Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD) terkait dan sejumlah pejabat lain, mereka melihat- lihat kondisi banjir yang ada di perumahan tersebut, yang saat ini sudah surut.

Tak beberapa lama setelah memberikan sembako secara simbolis kepada sejumlah warga terdampak banjir, rombongan kemudian melakukan kunjungan ke lokasi lain, yakni di Kelurahan Pekauman.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengatakan, di Jawa Tengah bencana alamnya tergolong masif karena banyak kabupaten yang terdampak atau mengalami kebanjiran.

“Sejumlah kabupaten yang mengalami kebanjiran yakni, Kabupaten Kendal, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Grobogan, Pati, dan Blora. Maka BNPB turun secara maraton,”kata Letnan Jenderal TNI Suharyanto.

Menurut Suharyanto, banjir di Kabupaten Kendal, rata- rata ketinggiannya antara 40 hingga 50 sentimeter. Sehingga banyak warga yang terdampak banjir tetap bertahan di rumah masing- masing sambil beraktivitas dan memilih tidak mengungsi.

Suharyanto, menyampaikan bahwa BNPB akan menjamin dan memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat terdampak banjir. Maka secara maraton, BNPB membantu kebutuhan makanan yakni sembako, matras, selimut, pompa, genset dan sebagainya.

“Di lapangan, kami menemukan kebutuhan yang sangat mendesak yakni pompa portable yang besar dan beberapa infrastruktur yang harus segera diperbaiki,”ujar Suharyanto.

Untuk di Kabupaten Kendal sendiri, bantuan yang diberikan oleh BNPB antara lain, perahu karet dan mesin 1 unit, pompa alkon 5 unit,tenda pengungsi 2 unit, tenda keluarga 25 unit, lampu panel 2 unit, sembako 300 paket, makanan siap saji 300 paket, biskuit protein 300 pouch, hygiene kid 300 paket, selimut 300 lembar, matras 300 lembar, velbed 25 unit dan sabun cair 1000 botol.

Salah seorang warga bernama Sarjani(56) mengaku senang menerima paket sembako dari BNPB ini. Menurutnya, meski hanya sembako, setidaknya bisa meringankan beban hidup selama bulan puasa yang kebetulan terdampak banjir.

“Alhamdulillah pak. Saya mendapat bantuan sembako. Semoga sembako ini bisa cukup sampai lebaran 1445 Hijriah,”ucap Sarjani.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini