Bupati Demak saat Sidak Ke Lokasi Perbaikan Tanggul Sungai Wulan.(Foto:TM/ VID)

DEMAK(TERASMEDIA.ID)-Bupati Demak, dr. Hj. Eistinah, melakukan inspeksi mandadak(sidak) ke lokasi perbaikan tanggul Sungai Wulan yang sebelumnya jebol tak kuat menahan derasnya air yang datang dari wilayah atas.

Bupati Demak mengatakan, proses peninggian dan penebalan tanggul telah dilakukan untuk beberapa hari terakhir, agar tanggul tersebut kuat menahan derasnya air dan guyuran hujan yang deras.

“Saya ke lokasi untuk memastikan proses penebalan dan peninggian tanggul Sungai Wulan ada kendala atau tidak dan juga memastikan berjalan dengan baik,” kata Bupati Demak, dr. Hj. Eistinah, Jumat (15/03/2024) malam.

Bupati menyampaikan bahwa, akan ada tambahan air sebanyak 1100 kubik, yang diperkirakan akan tiba dalam waktu dekat, pihaknya berharap tambahan atau kiriman air ini urung datang.

“Kami telah menerima informasi bahwa Bendung Kelambu juga mengalami peningkatan debit air, sehingga kami mengantisipasi adanya puncak debit air yang lebih tinggi dalam waktu dekat ini,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, Pemkab Demak, bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), telah memutuskan untuk menurunkan alat berat di Tanggul Norowito.

“Kerja sama ini melibatkan penggunaan alat berat milik Pemkab Demak dan BBWS yang akan beroperasi selama 24 jam nonstop,”ucap Bupati.

Tujuannya adalah untuk memperkuat tanggul sepanjang 80 meter yang sebelumnya jeboldan area sekitarnya yang juga memerlukan penguatan.

Bupati menekankan bahwa tingginya debit air hujan telah mempengaruhi kekuatan konstruksi tanggul yang sedang diperbaiki.

Sebagai solusinya, koordinasi dengan BBWS dilakukan untuk membagi aliran air dari Bendung Wilalung ke Sungai Juwana.

“Kami berharap dengan pembukaan pintu Bendung Wilalung sebesar 10 sentimeter dari total 45 sentimeter dapat membantu mengurangi debit air yang mengalir ke Sungai Wulan,” ungkap Bupati.

Bupati Demak menegaskan komitmennya untuk terus memantau perkembangan debit air dan berkoordinasi dengan BBWS guna memastikan kekuatan tanggul Norowito.

“Fokus utama adalah pada beberapa daerah yang terdampak limpasan, seperti Ngemplik, Sambirejo, dan beberapa tempat lain yang memerlukan penguatan tanggul,”pungkasnya.(VID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini