BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Forum Relawan Lintas Organisasi(Fortasi) divisi Orang dengan Gangguan Jiwa( ODGJ) bersama mahasiswa UMP jurusan keperawatan S1, mengevakuasi Orang dengan Gangguan Jiwa di jalan Provinsi Purwokerto- Ajibarang masuk Desa Karanglewas Kecamatan Purwokerto Barat, Jumat(01/10/2021).

Penderita gangguan jiwa tersebut, seorang laki-laki berinisial K ( 49) yang sudah menderita gangguan jiwa selama 29 tahun.

Dia juga sempat kuliah di suatu Universitas di Purwokerto selama dua semester. Manginjak ke semester tiga, K mulai memperlihat kan perilaku aneh hingga sekarang.

“Pihak keluarga sudah melakukan upaya pengobatan, namun tak kunjung membuahkan hasil,” kata Ketua ODGJ Banyumas, Saprol.

Penderita juga pwrnah dirawat di RSU Banyumas dua kali pada tahun 1996, namun tak lama kemudian K kambuh lagi penyakitnya hingga sekarang.

Beberapa hari lalu, Martiyah, perangkat desa menghubungi Fortasi divisi ODGJ Banyumas meminta Tim Relawan ODGJ Banyumas untuk mengevakuasi penderita agar bisa normal seperti sedia kala.

Atas laporan Martiyah ini, akhirnya Saprol menindaklanjutinya dan mengevakuasi K.

Evakuasi berjalan lancar dengan dibantu pihak keluarga dan bidan desa serta perangkat desa setempat.

“Kedua orang tua penderita sudah tua dan mempunyai keterbatasan untuk perawatannya,”ujar Saprol.

Ita Setianingsih, bidan desa bersama dengan kedua orang tua penderita yang ikut serta dalam kegiatan mengevakuasi penderita menyatakan sangat berterimakasih atas upaya team Fortasi divisi ODGJ Banyumas yang sudah berupaya semaksimal mungkin untuk membantu penderita dan dapat mengevakuasi penderita dengan baik serta memberi terapi secara berkala.

“Pada awal Agustus 2021, Tim Relawan ODGJ Banyumas, juga telah mengevakuasi 4 orang penderita gangguan jiwa di daerah Karanglewas,”tutur Saprol.(HRN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini