Suasana pelatihan di pinggir sungai.(FOTO:TM/H-03)

BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Forum Relawan Lintas Organisasi(Fortasi)- mengandeng Basarnas Cilacap dan BPBD Kabupaten Banyumas melatih potensi Sar dan relawan yan tergabung dalam Fortasi di Wilayah Kecamatan Sumpiuh, Minggu(28/11/2021).

Latihan bersama ini, diikuti sekitar 300 orang peserta dari 35 perwakilan organisasi dan instansi kebencanaan yang ada di Banyumas dan Cilacap, serta didukung perwakilan dari Sar Perwira Purbalingga, Gas Rescue Magelang, dan relawan Purworejo.

Tujuan dari latihan bersama ini untuk memberikan pembekalan keterampilan, penanganan bencana banjir yang meliputi olah gerak perahu, chine live, teknik evakuasi warga terdampak banjir, dapur umum, medis, simulasi pencarian dan pertolongan.

Kordinator Fortasi Sudjadmiko, mengatakan, latihan bersama ini untuk melatih ketangkasan, dan keterampilan dalam penggunaan alat keselamatan dan teknik dasar penyelamatan,pencarian dan pertolongan saat terjadi bencana banjir, dan meningkatkan kekompakan antar organisasi kebencanaan.

“Aadapun materi yang diberikan meliputi simulasi latihan olah gerak perahu dengan menggunakan perahu LCR, chaine live upaya untuk menyisir pencarian korban dengan bergandegan membentuk rantai relawan, simulasi teknik evakuasi warga terdampak banjir dengan menggunakan tali, dan dapur umum menjadi penopang untuk mensuplay makanan para korban bencana dan relawan,”kata Sudjatmiko.

Pembina Fortasi Banyumas Eddy Wahono mengatakan, bahwa pihaknya sangat terkesan dengan semangat rekan-rekan relawan yang ikut dalam latihan gabungan dari 35 kelompok organisasi relawan yang tersebar dari lima kabupaten ini.

“Walau hujan deras mengguyur wilayah Sumpiuh, mereka tetap hadir,”kata ujar Eddy Wahono.

Eddy Wahono mengaku, latihan gabungan ini untuk melatih kepekaan dan meningkatkan ketrampilan para relawan dalam melaksanakan tugas kemanusiaan dalam menyelamatkan jiwa saat bencana, membentuk jiwa super tim dengan menghargai berbagai keberagaman serta membiasakan bekerja sama menjadi tim terpadu untuk mencapai kesuksesan visi kemanusiaan.

“Saya berharap, selain tangguh, relawan harus terampil dan profesional,”ucap Eddy Wahono.

Acara latihan gabungan ini, dapat terlaksana berkat dukungan dari Pers, Mitra Kerja, BMT Amindo, Dompet Duafa, Paskas, BNI Sumpiuh, ACT Banyumas, Serayu Rescue, Mdmc,Sar Mta, Kokam, Satria Reptil Banyumas, Relawan ODGJ Banyumas, Gerpik, Rapi Lokal 08 Cilongok, 99 Production Banteng Mas, Kodok Ijo, BMT Amanah, FPRB se Kecamatan Sumpiuh.

Sementara itu, Camat Sumpiuh Ahmad Suryanto, selaku Forkopimcam, menyatakan, siap mendukung atas kegiatan yang dilakukan Fortasi ini.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini