GROBOGAN(TERASMEDIA.ID)-Bripka Sulistyono, seorang anggota polisi bhabinkamtibmas desa Kalangbancar Polsek Geyer, berhasil membuat inovasi dari kotoran ternak sapi untuk dijadikan biogas, yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Ia membuat inovasi tersebut dengan tujuan, agar kesulitan mendapatkan gas elpiji di kalangan masyarakat kecil bisa teratasi.

Mengingat di kawasan tersebut juga banyak masyarakat yang memiliki ternak sapi. Selain itu, kemudahannya dalam menghasilkan bio gas juga mampu membuat warga yang sedang kesulitan ekonomi ditengah pandemi dapat menghemat biaya.

Dengan alat yang sederhana, petugas kepolisian tersebut mengolah pupuk kompos ke dalam tandon yang telah dirancang untuk menjadi bio gas.

Hanya bermodal, tandon, air, serta kotoran hewan, yang di endapkan selama satu jam hingga satu minggu, sehingga menghasilkan kadar gas yang bisa digunakan untuk memasak selama dua bulan.

Inovasi tersebut dipelajarinya dari tutorial di akun media sosial. Butuh waktu hingga beberapa bulan bagi Sulistyono, untuk menyempurnakan inovasinya ini, serta sempat gagal hingga tiga kali.

“Inovasi ini pada mulanya di desa binaan saya yaitu Desa Kalangbancar adanya kelompok peternak sapi, namun untuk kotoran sapi tidak dimanfaatkan limbahnya, kemudian saya melihat di media sosial pemanfaatan kotoran sapi untuk biogas,” kata Bripka Sulistiyono, Selasa(05/04/2022).

Ia menerangkan biogas tersebut dapat digunakan untuk kompor yang menggunakan gas elpiji serta penerangan rumah.

Untuk sementara, baru dapat digunakan sebanyak enam rumah, namun ke depannya akan dikembangkan lagi agar seluruh masyarakat bisa merasakan manfaat biogas.

Sementara Kasno (50) warga setempat mengatakan, manfaat dari biogas ini luar biasa sekali karena bisa untuk memasak pengganti gas elpiji dan lampu penerangan rumah.

“Ini wujud kita sebagai bapak – bapak dalam memanjakan emak – emak yaitu tidak lagi khawatir kalau gas elpiji di rumah habis,” kata Kasno

Tak lupa ia menyampaikan apresiasi atas inovasi Bripka Sulistyono yang telah memprakarsai pembuatan bio gas sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar.

Sementara itu, kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi mendukung penuh dan memberikan penghargaan kepada anggota kepolisian jajaran Polres Grobogan, yang memiliki iniovasi dan kreatifitas dalam melaksanakan tugas, dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Salah satunya Bripka Sulistyono, yang memprakarsai pembuatan bio gas di Desa Kalangbancar Kecamatan Geyer,”ucapnya.(Han)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini