KEBUMEN(TERASMEDIA.ID)– Lebih dari 2000 orang yang tergabung dalam asosiasi kiai, pengasuh pondok pesantren (Ponpes) pengurus masjid atau mushala, santri dan masyarakat umum, mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Deklarasi ini dilakukan di Ponpes Al-Qarawiyin Desa Krandegan Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Minggu(19/06/2022).

Pengasuh Ponpes Al-Qarawiyin, Gus Rahmat mengatakan, asosiasi kiai yang melakukan dukungan terhadap Ganjar Pranowo ini, merupakan perwakilan dari 35 kabupaten/kota yang ada di Jateng.

Sedangkan alasan kiai mendukung Ganjar Pranowo, karena Ganjar Pranowo selama ini menyumbangkan seluruh gajinya sebagai Gubernur Jateng kepada masyarakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di wilayah jateng.

“Hal itu dinilai sebagai bentuk teladan dan totalitas Ganjar Pranowo dalam mengabdi kepada masyarakat dan dinilai berprestasi serta terbukti dalam membawa kemajuan di wilayah Jateng,”kata Pengasuh Ponpes Al-Qarawiyin, Gus Rahmat.

Rahmat menyatakan, dirinya telah merasakan langsung kepedulian Ganjar Pranowo kepada para kiai, santri dan pondok pesantren. Ia juga menilai Ganjar kebijakannya berpihak pada semua lapisan masyarakat, terutama masyarakat kalangan bawah.

Rahmat berharap Ganjar menjadi presiden agar Indonesia lebih maju dan masyarakat secara luas lebih makmur dan sejahtera.

Koordinator Nasional Santri Dukung Ganjar (SDG), Acep Amirudin mengatakan, Ganjar menyumbangkan gajinya kepada masyarakat melalui Baznas Provinsi Jateng sejak menjabat gubernur pada periode pertama hingga saat ini yakni di periode kedua.

Menurut dosen salah satu Universitas Islam di Bandung ini, Baznas kemudian menyalurkan melalui program santunan fakir miskin, biaya pendidikan, bantuan modal usaha, rumah belajar Baznas, bantuan panti asuhan, pasien rawat inap, bantuan rumah tidak layak huni (RTLH), program tanggap bencana dan program sosial lainnya.

“Kepedulian beliau kepada masyarakat sampai diserahkan kepada Baznas, dari Baznas itu bisa dialokasikan ke bantuan-bantuan sosial lainnya. Dari situlah kenapa kami para santri dan kiai sangat mendukung Bapak Ganjar,” ucap Amirudin.

Acep menambahkan, Ganjar telah mengimplementasikan nilai-nilai santri yang diajarkan di pesantren, diantaranya selalu berzakat, sederhana, dekat dengan ulama, peduli pada masyarakat kurang mampu dan menyayangi anak yatim.

“Itu semua diajarkan Rasulullah SAW. Beliau Pak Ganjar mengimplementasikan nilai santri dan representatif dari santri,” ujarnya.

Sementara Koordinator SDG Wilayah Jateng, Mukti Abdul Jabir, mengatakan, acara deklarasi ini diikuti oleh sekitar 2000 orang lebih.

Menurut Mukti Abdul Jabir, deklarasi sebagai langkah awal dalam ikhtiar menjadikan Ganjar presiden 2024 dan ke depan bakal ada gerakan yang lebih baik ke berbagai wilayah di Jateng.

Deklarasi ini, dimeriahkan dengan lomba rebana se-Kabupaten Kebumen dan konser musik religi dengan bintang tamu penyanyi Sayyid Zulfikar Basyaiban dan Syarifah Veve Zulfikar.

Acara bertajuk ‘Sejuta Sholawat & Doa Bersama Bapak Ganjar Pranowo Presiden RI 2024’ ini, mendapatkan antusiasme dari masyarakat yang sangat tinggi.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini