BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)– Tim SAR Gabungan bersama Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas berhasil menemukan korban tertimbun longsor gerusan aliran Sungai Pelus, sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa(20/09/2022).

Korban diketahui bernama Susilowati (80) warga RT 04 RW 04 Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas.

Sekretaris Bidang Abdimas Kwarcab Banyumas, Ady Candra mengatakan, Susilowati terjatuh dari kamarnya karena rumahnya mengalami longsor akibat gerusan arus sungai Pelus pada hari Senin, 19 September 2022. Korban terimbun longsoran tepat dialiran Sungai Pelus.

“Karena kondisinya malam hari hujan lebat dan kondisi debit air masih tinggi, maka pencarian tidak dilakukan. Tim SAR Gabungan melakukan pemantauan dari seberang Sungai di wilayah Desa Dukuhwaluh,” kata Ady Candra.

Pencarian kembali dilakukan oleh Tim SAR Gabungan Selasa pagi. Tim terdiri atas KPP (BASARNAS) Cilacap, BPBD Kab. Banyumas, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, Tagana, MDMC, Linmas Inti Kabupaten Banyumas, Bagana, IPCI Ngapak Raya, Pramuka Peduli Kwarran Purwokerto Timur, Polsek Purwokerto Timur, Koramil Purwokerto Utara, dan relawan lain.

Mereka turun ke bawah tebing yang tinggi longsoran sekitar 8 meter. Tim menyebrang sungai dulu untuk mencapai titik bagian bawah tebing.

“Pukul 09.00 WIB, Susilowati ditemukan dalam kondisi meninggal dunia masih tertimbun tanah dan tertilap kasur tempat tidurnya,” ujar Ady Candra.

Evakuasi berjalan dramatis karena posisi korban harus dievakuasi melalui Sungai Pelus berair deras dan kondisi berbatu. Tim SAR Gabungan dapat mengevakuasi jenazah dengan lancar dan aman.

“Setelah Jenazah diperiksa oleh Puskesmas Purwokerto Timur II dan Polsek Purwokerto Timur, selanjutnya jenazah korban dibawa ke pemulasaraan Jenazah Wisma Eka Pralaya Purwokerto,” ucap Ady Candra.

Kepala BPBD Kabupaten Banyumas, Budi Nugroho mengatakan peristiwa ini mestinya bisa dicegah, karena warga sudah diberikan rumah relokasi di Cilongok. Sehingga diminta warga yang sudah mendapatkan relokasi rumah untuk mengosongkan rumahnya.

Usai pencarian korban relawan membantu memindahkan satu keluarga ke Wisma Kencana Arcawinangun dan enam Keluarga di evakuasi menuju rumah Relokasi di Grumbul Dalawangi Desa Cilongok Kecamatan Cilongok.(BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini