DEMAK(TERASMEDIA.ID)-Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) merupakan salah satu sektor yang berkontribusi penting sebagai penopang dan penggerak perekonomian nasional maupun daerah.

Keberadaan sektor UMKM sangat penting karena mampu membuka lapangan pekerjaan, mengelola sumber daya alam yang belum diolah, dan mengembangkan perdagangan.

UMKM juga sebagai cikal bakal dari tumbuhnya usaha besar. Oleh karena itulah, Pemkab Demak terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis potensi lokal.

Hal tersebut dikatakan Bupati Demak dr.Hj Eisti’anah saat mengkukuhkan Klaster UMKM wilayah Bonang di Kantor Kecamatan setempat, Selasa(11/10/2022).

Salah satunya, lanjut Bupati Demak, adalah dengan percepatan pemulihan ekonomi masyarakat dengan membentuk klaster UMKM.

Melalui klaster UMKM ini diharapkan dapat mempermudah dalam memberikan pembinaan, fasilitas, serta pemasaran produk para pelaku UMKM.

“Manfaatkan klaster UMKM ini untuk berdiskusi, bertukar pikiran mengembangkan usaha, meningkatkan kualitas dan kuantitas produk, pendapatan, dan kesejahteraan,” ujar Bupati Demak Eisti’anah.

Selain itu melalui klaster UMKM dapat dijadikan sebagai wadah untuk memperkuat kerjasama antar pelaku usaha maupun dengan pihak lain.

Dengan kerjasama yang baik diharapkan dapat lebih siap menghadapi berbagai ancaman, tantangan, serta hambatan.

“Saya berharap, dengan pembentukan klaster UMKM di wilayah Kecamatan Bonang ini dapat menjadi contoh bagi wilayah lain sehingga semakin banyak klaster UMKM di Kabupaten Demak,”harapnya.(VID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini