BLORA(TERASMEDIA.ID)-Puluhan  grup seni barongan menampilkan atraksi dalam rangka menyemarakkan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-273, di Alun- alun Blora, Sabtu (25/11/2022).

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Kunto Aji melalui Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Budi Riyanto, menjelaskan acara yang dikemas dengan tajuk “Festival Barongan Nusantara 2022” ini, diikuti oleh 32 peserta grup seni barongan.

Parade barongan ini, berjalan dari Alun-alun Blora melintasi jalan Pemuda, menuju ke Lapangan Kridosono, jalan Ahmad Yani, jalan Simpang Tiga Kejaksaan Negeri kemudian ke Lapangan Kridosono Blora.

“Selain parade barongan, acara ini juga dimeriahkan oleh tarian Rampak Rancak atau Flashmop tari Kepala Barongan,” kata Budi Riyanto.

Selain itu, pada pukul 19.00 WIB, sejumlah grup barongan juga ikut meramaikan atraksi di panggung Lapangan Kridosono.

“Dengan semangat sesarengan bangun Blora berkelanjutan. Mari kita meriahkan Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora tahun 2022,” ucap Budi Riyanto.

Grup barongan Wiro Singo Anom dari Kelurahan Tambahrejo, yang dikomandani Lurah Tambahrejo Martin Ukie Andana, tampil memukau penonton selama parade hingga festival.

Seluruh pemaian tampak semangat dan kompak memainkan alunan barongan yang rancak.

“Adik-adik sangat luar biasa semangatnya. Saya akui kesenian barongan Tambahrejo sempat vakum cukup lama. Dan ini merupakan penampilan mereka di ajang festival barong nusatara. Semoga hasilnya bisa maksimal,” harapnya.

Sementara itu, Riyan(37), salah seorang penonton parade seni barongan mengaku sangat senang dan menghibur penonton.

“Cukup menghibur masyarakat. Selain itu juga mengenalkan dan melestarikan seni barongan yang ada di Kabupaten Blora,” kata Riyan, warga Kauman ini.(MG-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini