SALATIGA(TERASMEDIA.ID)-Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Mochamad Herviano Widyatama, menggelar acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI di Aula Kecamatan Sidorejo Salatiga, Minggu(06/11/2022).

Selain sosialisasi empat pilar kebangsaan, acara juga diisi dengan kuis, yakni bagi yang bisa menebak sebuah pertanyaan mendapatkan doorprize.

“Ada macam -macam doorprize yang disediakan oleh Mas Vino, untuk peserta sosialisasi empat pilar kebangsaan,” kata Ketua Pengawal Aspirasi Mochamad Herviano Kota Salatiga, Luky.

Semantara pada kesempatan tersebut, Mas Vino, sapaan akrab Mochamad Herviano, mengatakan empat pilar MPR RI meliputi, Pancasila, Undang -undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pancasila sebagai dasar dan Ideologi negara harus kita camkan bersama,” tegas Vino.

Artinya, menurut Vino, dalam kehidupan sehari-hari, kita harus saling menghormati dan menghargai sesama.

“Dan yang paling penting, Pancasila sebagai ideologi negara, nilai -nilainya jangan sampai musnah,” ujar Vino.

“Wilayah NKRI yang terbentang dari Sabang sampai Merauke adalah utuh satu kesatuan yang wajib kita pertahankan,” imbuh Vino.

Sebagai tanggung jawab kepada masyarakat, kata Vino, jangan sampai terpecah belah. Dalam menyelesaikan masalah, lanjut Vino, harus mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat.

“Bhinneka Tunggal Ika. Artinya, berbeda-beda tapi tetap satu,” ucap Vino

Menurut Vino, bangsa Indonesia lahir dari berbagai suku, agama, dan adat istiadat. Keberagaman ini, merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang harus dihikmati sebagai sebuah kekuatan bangsa, bukan sebaliknya.

“Bapak dan ibu, mengamalkan nilai-nilai dari 4 pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ingatlah jati diri bangsa kita, yakni gotong -royong,” ujar Vino.

Oleh sebab itu, Vino, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus menanamkan nilai-nilai empat pilar ini dalam kehidupan sehari-hari.

Terutama untuk para generasi muda, harus tetap semangat dalam belajar, generasi penerus bangsa yang hingga selama- lamanya tetap menjaga keutuhan negara republik Indonesia yang kita cintai.

‘Teruslah saling menghormati, menghargai dan bergotong -royong, bahu membahu mulai dari lingkungan kita masing -masing,” pinta Vino.

Selain Kader PDI Perjuangan dan masyarakat, sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, juga dihadiri oleh pimpinan DPC PDI Perjuangan Salatiga, dan komandate bintang dua Salatiga.(HMS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini