SUKOHARJO(TERASMEDIA.ID)– Yayasan Surya Nuswantara Wilwiatikta (YSNW) resmi dilaunching di Desa Purbayan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Jumat malam (02/12/2022).

Peluncuran berlangsung di Taman Ratu Maulidya Purbayan, bersebelahan dengan rumah tempat tinggal Ketua Umum Dewan Pembina YSNW, Tuntas Subagyo.

Sebelum peluncuran, ada beberapa kegiatan yang mengawali sejak Jumat siang, yaitu doa bersama lintas agama. Dalam kegiatan ini, dihadiri ribuan anggota yayasan dari berbagai kota di Indonesia.

Terpantau, massa sudah menyemut di sepanjang jalan Mangesti Raya Gentan sampai masuk lokasi panggung yang jaraknya lumayan jauh.

Banyak anggota yayasan yang sebagian besar berbaju hitam-hitam tersebut, berjalan kaki menuju lokasi panggung.

Salah seorang peserta dari Lamongan, Jawa Timur, Wisnu(38), mengaku bersama rombongan naik bus dari Lamongan sejak pagi buta.

Sesampainya di Purbayan, bus parkir di tempat yang sudah disediakan. Untuk menuju lokasi panggung, yang jaraknya sekitar satu kilometer, mereka rela jalan kaki.

Sekitar pukul14.00 acara dimulai, dengan diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dalam acara ini, juga terselip doa untuk almarhum Sarmanto Dwijo Atmojo (Ayahanda Tuntas Subagyo), yang baru saja meninggal dunia 14 hari yang lalu.

Doa bersama berturut-turut dipimpin oleh perwakilan agama Kristen Protestan (Titus Maryoto), perwakilan Katolik (FX Supardjo), perwakilan agama Hindu (Lilik Dwi Fajar), perwakilan agama Buddha (Slamet), dan sebagai doa penutup dari agama Islam dipimpin Muhammad Saeful Bahri.

Usai doa bersama, ada potong tumpeng dalam rangka ulang tahun yang ke-45 Tuntas Subagyo. Lagu selamat ulang tahun menggema di panggung dan hadirin.

Dalam sambutannya, Tuntas Subagyo berharap, Partai Kedaulatan Rakyat yang dibentuknya, bisa ikut kontestasi Pemilu 2024 yang akan datang.

Menurut Ketua Umum PKR, Tuntas Subagyo, dari sisi persyaratan, partainya ini sudah layak mengikuti kontestasi pemilu. Karena apa? Karena anggotanya sudah tersebar di 34 provinsi, di mana masing-masing per kabupaten atau kotamadya sudah ada 90 persen anggota, tingkat kecamatan sudah 100 persen.

“Kita sudah didukung Kartu Tanda Anggota (KTA) 270 ribu, sementara syarat dari KPU 182 ribu. Ini kita menunggu keputusan dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, karena ada kendala tehnis saat pendaftaran ke KPU RI pada 11 Agustus tahun 2022 lalu,” kata Tuntas.

Tuntas berharap, dengan peluncuran Yayasan Surya Nuswantara Wilwatikta ini, akan menjadi “pambukaning gapura tikus pithi hanata baris” di dalam melaksanakan program-program selanjutnya.

Perlu diketahui, PKR adalah “jelmaan” dari Ormas Tikus Pithi Hanata Baris yang juga dibentuk Tuntas pada tahun 2014. Begitu pula YSNW juga lahir pada tahun yang sama.

Sebagai hiburan terhadap 6000 peserta yang hadir, ada artis cantik Paramitha Rusady yang berkostum bidadari berbaju putih, lengkap dengan aksesoris bunga pemanis di rambutnya. Artis tahun 90-an ini membawakan beberapa lagu hits-nya, sambil memainkan gitar.

Hadir pula sebagai tamu kehormatan adalah Ozy Syahputra pemeran tuyul di Jembatan Ancol dan Alicia Johar, Ketua Parfi Pusat.

Pada Jumat malam, hadirin yang masih tetap setia dihibur oleh artis cantik Nella Kharisma, Woro Widowati, seusai peluncuran YSNW yang berlangsung spektakuler. Ada pemukulan gong dan taburan kembang api. Semua hadirin dan warga sekitar sangat senang dengan peluncuran ini.

Terbukti, beberapa rumah tetangga Tuntas Subagyo dengan sukarela dan senang hati dijadikan tempat singgah ratusan peserta yang datang dari berbagai kota di Indonesia. Banyak pula penjual keliling menawarkan dagangannya ke para peserta. Dengan begitu, perekonomian warga sekitar semakin menggeliat. (Hasna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini