SRAGEN(TERASMEDIA.ID)-Pelaksanaan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) dosis kedua dan penandaan serta pendataan pada hewan ternak di wilayah Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen mendapat pengamanan dari Polsek Masaran Polres Sragen, Jumat (02/12/2022).

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi hewan ternak milik warga yang dilaksanakan petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sragen sebagai Vaksinator di pandu oleh PPL Kecamatan Masaran dan perangkat desa setempat.

Kapolsek Masaran AKP Joko Widodo mewakili Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama, yang terjun langsung dalam pelaksanaan kegiatan vaksianasi PMK Dosis II ini, mengatakan bahwa vaksin ini adalah program dari pemerintah yang bertujuan untuk mencegah penyebaran/penularan virus PMK pada ternak terutama sapi.

Terdapat 12 Desa di wilayah Kecamatan Masaran yang mendapatkan vaksianasi PMK dosis II dengan total sebanyak 993 ekor sapi.

“Kemarin mendapatkan pengawalan dari Bhabinkamtibmas bersama Bhabinsa di wilayah binaan masing-masing,”kata Kapolsek Masaran AKP Joko Widodo.

AKP Joko Widodo menjelasakan, Bhabinkamtibmas Polsek Masaran Polres Sragen di walayah binaan masing-masing selalu berupaya memberikan pendampingan dan pengamanan dalam kegiatan vaksinasi PKM dosis kedua karena merupakan program nasional yang harus dilaksanakan dan di sukseskan bersama.

“Pendampingan dan pengamanan kegiatan vaksinasi oleh petugas Bhabinkamtibmas agar kegiatan bisa berjalan aman dan lancar,”ujar Kapolsek.

Selain itu, petugas Bhabinkamtibmas juga dapat melakukan monitor perkembangan penyebaran PMK pada ternak di wilayah binaannya.

Disampaikan bahwa, sapi yang menjadi sasaran vaksinasi, yakni sapi yang sehat tidak dalam kondisi sakit atau yang sudah sembuh dari PMK, Hewan yang tervaksin PMK dosis II diberi tanda pemasangan Eartag di telinga hewan ternak.

“Pendampingan vaksinasi PMK tersebut sebagai salah satu bentuk pelayanan dan kehadiran anggota Polri di tengah-tengah masyarakat, sekaligus aktif mengantisipasi penyebaran PMK,” pungkasnya.(SL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini