SRAGEN(TERASMEDIA.ID)-Warga Dusun Krikilan, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, kini bisa bernafas lega. Pasalnya, warga dalam satu kampung yang menggantungkan air bersih dari sumur Sendang yang disedot menggunakan tenaga listrik kini bisa lancar kembali setelah ada penambahan daya secara gratis dari PLN.

Namun sebelum ada penambahan daya, air dari dalam sumur yang memiliki kedalaman sekitar lima meter itu tidak mampu mengangkat air untuk megaliri air ditiap tiap rumah penduduk.

Sehingga warga setempat saat mengambil air dari sumur harus jalan kaki sekitar empat ratus meter dari jarak rumahnya, itupun harus mengantri hingga berjam jam.

Sadiman Subur, warga setempat mengaku senang karena saat ini untuk mendapatkan air dari sumur sudah sangat lancar setelah mendapatkan tambahan daya gratis dari PLN.

“Sebelum ada bantuan penambahan daya, warga setempat selama hampir satu bulan kesulitan untuk mendapatkan air, kalau bisa untuk mendapatkan air warga harus bersusah payah mengambil air dengan cara menggendong bahkan ada yang pakai sepeda angin, itupun harus mengantri berjam jam,” kata Sadiman Subur.

Menurut Sadiman, pembuatan tendon air dari sumur sendang itu hasil swadaya dari warga, bukan bantuan dari pemerintah desa maupun bantuan dari manapun.

“Ini murni swadaya khususnya warga RT 08, oleh sebab itu seluruh warga di Dusun Krikilan mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak PLN yang telah banyak membantu demi kelancaran air bersih di Dusun Krikilan,”ujar Sadiman.

Hal senada juga diucapkan warga setempat Wagiyo dan Suyoto. Mereka juga mengaku senang bercampur bangga setelah air bersih di wilayahnya bisa berjalan lanacar, artinya mereka sudah tidak bersusah payah lagi mengambil air dari tempat yang jauh.

Sementara itu Direktur PLN ULP Sumberlawang, Muhdam Azhar berharap, bantuan pasang listrik baru untuk sumur ini bisa memberikan manfaat sebanyak- banyaknya untuk masyarakat Dusun Krikilan.

Pihaknya meminta jika ada permasalahan yang terjadi di lapangan jangan ragu utuk komunikasi dengan pihak PLN langsung.

“Semoga dengan adanya bantuan dari PLN masyarakat jadi lebih produktif dan sejahtera,” harap Muhdam Azhar.

Selain memberi bantuan pemasangan listrik, pihak PLN juga memberi bantuan sembako kepada warga setempat yang kurang mampu.

Meski bantuan tersebut tidak seberapa nilainya Muhdam berharap bisa sedikit meringankan beban hidup mereka.(SL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini