GROBOGAN(TERASMEDIA.ID)– Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan( KPH) Gundih Khaerudin melalui Wakil Administratur/KSKPH Monggot Atang Purnama mengatakan,
terkait dengan pengelolaan hutan bersama antara Perum Perhutani, Ormas Laskar Merah Putih (LMP) Markas Daerah Provinsi Jawa Tengah dan LMDH di petak 78.b KPH Gundih, BKPH Monggot, RPH Pepe dengan luas lahan mencapai 10 hektar merupakan babak baru pola kemitraan tripartit.

Bahwa kerjasama sinergitas tripartit yang baik ini, merupakan upaya untuk memperbaiki lingkungan di kawasan hutan yang selama ini hanya ditanami tanaman jagung dan polowijo.
“Sekarang saatnya untuk merubah mindset dengan mengganti tanaman produktif berupa aneka macam tanaman buah-buahan,”kata Atang Purnama.

Menurut Atang Purnama, bahwa kerja sama ini selain untuk memperbaiki lingkungan juga dalam rangka menghijaukan lingkungan yang efek sampingnya adalah kesejahteraan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, kerjasama pola tripartit semacam ini perlu dikembangkan, ditingkatkan dan mulai bisa merubah mindset tanaman jagung yang saat ini masih berlangsung.

“Bukan peralihan secara total, tetapi intinya supaya petani itu tidak hanya mengandalkan tanaman semusim yakni jagung/polowijo, tetapi petani juga bisa merubah pola pikir bahwa ternyata petani bisa mendapatkan hasil jangka menengah maupun jangka panjang dari tanaman buah selain jagung atau polowijo,”ujarnya.(ARF/SL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini