BLORA(TERASMEDIA.ID)– Tempat pengelolaan sampah reuse reduce recyle (TPSR3) Kelurahan Tambahrejo Kabupaten Blora mulai dioperasikan hari ini, Jumat (31/03/2023).

Petugaspun mulai membagikan tempat sampah an organik kepada warga.

Kepala TPS3R Kelurahan Tambahrejo Slameta mengatakan ada 70 tempat sampah yang dibagikan kepada warga. Jumlah itu sesuai dengan warga yang berlangganan sampah.

“Sebanyak 70 tempat sampah yang kami bagikan, khusus untuk sampah an organik dulu. Setelah ini jalan, baru yang organik kami bagikan,” kata Slameta.

Menurut Slameta, untuk sistem pengambilan sampah nanti akan dilakukan petugas secara dor to dor. Warga cukup membayar Rp 20 ribu setiap bulannya.

“Nanti ada petugas yang mengambil secara dor to dor. Untuk sampah organik nanti dua hari sekali dan an organik satu minggu sekali,” ujar Slameta.

Slameta menambahkan, kelebihan dari ikut TPSR3 ini, sampah-sampah an organik warga nantinya akan dibeli petugas. Sementara yang organik nantinya akan ditabung di bank sampah Artomoro Kelurahan Tambahrejo.

“Jadi nanti sampah ditimbang petugas, lalu dicatat. Dari catatan itu nanti diakumulasi dan akan dibayarkan setiap satu tahun sekali,” terangnya.

Sementara itu, Lurah Tambahrejo Martin Uki Andana berharap kedepannya lebih banyak lagi warga yang ikut bergabung dalam TPSR3. Agar sampah di Kelurahan Tambahrejo bisa terkelola dengan baik.

“Harapannya nanti banyak lagi warga yang ikut TPSR3 ini agar sampah-sampah warga dapat dikelola dengan baik dan tentunya warga juga akan dapat keuntungan dari pembelian sampah ini,” harapnya.(MG-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini