Suasana sosialisasi empat pilar di Balai Desa Lanjan Kaloran Sumowono.(FOTO:TM/ Prio)

SEMARANG(TERASMEDIA.ID)-Anggota Komisi V DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan daerah pilihan(Dapil) 1 Jawa Tengah yang meliputi, Kabupaten Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Salatiga, Mochamad Herviano Widyatama menggelar sosialisasi empat Pilar MPR RI di Balai Desa Lanjan, Kaloran, Tegalroto, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Kamis (01/06/2023).

Pada acara sosialisasi ini, Herviano yang juga menjabat sebagai ketua umum Banteng Muda Indonesia (BMI), mengatakan empat pilar kebangsaan harus ditegakkan dan dijaga oleh segenap komponen bangsa.

Empat pilar tersebut yakni, Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sebagai bentuk satu kesatuan negara utuh, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara yang patut kita jaga.

Keempat pilar tersebut, kata Herviano, tidaklah berdiri sendiri, namun memiliki fungsi yang saling mendukung dan menguatkan satu sama lain.

“Namanya juga pilar,maka harus berdiri bersama,” tegas Herviano.

Herviano juga menegaskan, empat pilar sangat penting bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Sebab di dalam empat pilar itu, terdapat kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat, diantarnya menghargai perbedaan.

“Menghargai perbedaan bisa juga diartikan sebagai sikap menghormati, seperti halnya tidak membeda-bedakan suku satu dengan suku lainnya,menghormati adat istiadat dan budaya suku lain,menolong sesama manusia dengan tulus tanpa melihat status,dan juga menolong sesama manusia dengan tulus tanpa melihat statusnya,membangun sikap toleransi,” papar Herviano.

Herviano, yang akrab disapa mas Vino ini, menegaskan, bahwa sebagai manusia harus saling menghargai perbedaan karena di dalam hidup kita pasti ada perbedaan secara fisik, secara hobi, suku,agama,budaya dan lain sebagainya.

“Mari kita jaga kerukunan. Salah satu caranya dengan bergotong – royong. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing,” pinta Herviano.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, dihadiri oleh Karangtaruna Desa Lanjan, KomandanTe, Pengurus DPC Kab. Semarang, Satgas DPD PDI P, Pengurus PAC dan ranting PDI Perjuangan Kec. Sumowono, Camat Sumowono, Kapolsek Kec. Sumowono, Danramil Kec.Sumowono , Kades Se Kecamatan Sumowono, dan masyarakat Kecamatan Sumowono.

Acara ditutup dengan kuis sekitar empat pilar, yang dilakukan oleh tim pengawal aspirasi Mochamad Herviano dan bagi peserta yang bisa menjawab kuis, mendapatkan hadiah. (Priyo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini