Anggota Polres Sragen mengangkat tangan saat upacara.(FOTO:TM/ Soes)

SRAGEN(TERASMEDIA.ID)– Upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2023 dilaksanakan secara terpusat di Jakarta yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo.

Sedangkan di Polres Sragen, upacara digelar secara daring live streaming di Mapolres setempat dipimpin Wakapolres Sragen Kompol Iskandarsyah, diikuti seluruh PJU dan Kapolsek Jajaran Polres Sragen.

Sebagai acara inti, pelaksanaan upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2023, Presiden dan seluruh peserta memberikan penghormatan kepada bendera merah putih, termasuk seluruh peserta dari jajaran Polres Sragen dengan mengangkat tangan.


Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama, melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 bersama-sama jajaran Forkopimda, bertempat di gedung olah raga ( GOR) Diponegoro Kabupaten Sragen, mulai pukul 07.00 WIB.

Sambutan yang dibacakan Presiden RI Joko Widodo, bahwa upacara ini untuk meneguhkan komitmen, lebih mendalami, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, sebagai dasar berbangsa dan bernegara.

“Pancasila merupakan hasil dari sebuah proses yaitu rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir Soekarno. Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para “Founding Father” kita. Para ulama, para tokoh agama, dan para pejuang kemerdekaan dari seluruh Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan yang mepersatukan kita,”kata Presiden RI Joko Widodo dalam sambutan streamingnya.

Presiden juga mengatakan bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah kodrat keberagaman. Takdir Tuhan untuk bangsa dan negara adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah keberagaman.

“Berbagai bangsa etnis, bahasa lokal, adat istiadat, berbagai agama, kepercayaan serta golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah Bhineka Tunggal Ika, Indonesia,”ucapnya.(Soes)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini