SRAGEN(TERASMEDIA.ID)– Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama menghadiri acara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sengkuyung tahap I Tahun Anggaran 2023 yang berlokasi di Desa Bukuran Kecamatan Kalijambe, Kamis(08/06/ 2023).

Secara resmi, kegiatan TMMD ini dinyatakan ditutup hari ini oleh Dandim/ 0725 Sragen, Letkol Inf Yoga Yastinanda.

Penutupan TMMD ini, selain dihadiri oleh Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama yang didampingi sejumlah anggota Bhayangkari, juga dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Sragen, Kepala Desa Bukuran, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan sekitar 500 orang peserta upacara serta tamu undangan lain.

Seperti dikutip dalam amanat Panglima Kodam IV Diponegoro, yang dibacakan Letkol Inf Yoga Yastinanda, bahwa program TMMD merupakan salah satu upaya TNI dalam memperkuat ketahanan masyarakat sebagai potensi kewilayahan.


“Program TMMD yang dimulai sejak 1980-an dengan sebutan program ABRI masuk desa (AMD), ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia yang sebagian besar tinggal di daerah pedesaan, untuk mempercepat dan pembangunan sarana prasarana infrastruktur di wilayah-wilayah yang masih sangat membutuhkan,”kata Letkol Inf Yoga Yastinanda.

Pada tahun 2023 ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar program TMMD Reguler ke-116 secara tersebar di Kabupaten Pekalongan, Kebumen, Kudus, dan Kota Surakarta serta TMMD Sengkuyung di wilayah masing-masing.

Sebagai wujud kepedulian, Kodam IV/Diponegoro melanjutkan TMMD ini, untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam meningkatkan kesejahteraan bersama, sesuai dengan tema TMMD ke -116 tahun anggaran 2023 yaitu “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”.

Letkol Inf Yoga Yastinanda mengatakan, atas kerja sama dan kerja keras para anggota TNI-Polri, Pemda dan masyarakat, sasaran TMMD baik fisik maupun non fisik dapat tercapai.
“Sasaran fisik TMMD berupa pembangunan fisik dan non fisik diselesaikan tepat waktu,” ujar Letkol Inf Yoga Yastinanda.

Dikatakan, Panglima Kodam IV/Diponegoro sekaligus sebagai Pengendali Kegiatan Operasi (PKO), mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh anggota TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat yang sejak tanggal 10 Mei sampai dengan 8 Juni 2023 ini, saling bahu-membahu bersama-sama menyelesaikan program TMMD ke-116.

Penutupan kegiatan TMMD ditandai dengan penyerahan peralatan TMMD dari perwakilan Polri dan TNI, kepada pimpinan upacara, disaksikan para peserta upacara.

Sedangkan hasil pelaksanaan sasaran TMMD yang berlokasi di Desa Bukuran, Kecamatan Kalijambe Sragen ini, dengan waktu pelaksanaan selama 30 hari TMT 10 Mei 2023 s/d 08 Juni 2023 yang dibacakan oleh Pasi Ter Kodim 0726/Sragen Kapten Inf Hartadi diantaranya menyebut sasaran fisik dan sasaran non fisik.

Sasaran fisik diantaranya pengecoran jalan Desa Bukuran Kecamatan Kalijambe sepanjang 675 meter, pembangunan rumah tak layah huni (RTLH) sebanyak 6 unit serta pembangunan 8 unit jamban, telah selesai 100 persen.

Sedangkan sasaran non fisik diantaranya sosialisasi, bakti kesehatan, pembinaan Kamtibmas hingga pembinaan rohani, dengan anggaran secara keseluruhan Rp. 423.700.000,-, berasal dari anggaran APBD propinsi Jateng dan APDB kabupaten.

Acara diakhiri dengan pengecekan lokasi sasaran TMMD sengkuyung tahap I tahun 2023 oleh Kapolres bersama Forkopimda Kabupaten Sragen. (Soes)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini