DEMAK(TERASMEDIA.ID)– Ada yang menarik perhatian masyarakat Demak saat tradisi iring- iringan Tumpeng Songo Grebek Besar Demak. Selain menjadi daya tarik wisata budaya lokal ternyata juga menjadi perhatian turis asing.

Sejumlah turis berasal dari Perancis antusias menyaksikan tradisi iringan- iringan Tumpeng Songo dari pendopo kabupaten ke Masjid Agung Demak buatan Wali Songo ini.

Sesampainya di masjid agung, gunungan tumpeng dan hasil bumi disambut takmir masjid dan dilaksanakan doa bersama kemudian dibagikan ke pengunjung. Sehingga masyarakat tidak saling berebutan dan bisa dibagikan secara merata.

Sejumlah turis mengikuti arak- arakan selamatan di malam Hari Raya Idul Adha. Kedatangan mereka juga disambut oleh Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak, HM Afief Mundzir di Pendopo Kabupaten Demak.

Bupati Demak,dr. Hj. Eisti’anah menyambut baik wisatawan mancanegara tersebut yang ingin mengikuti tradisi Tumpeng Songo.

“Saya berharap, agenda Grebek Besar ini dapat menarik wisatawan manca negara,”harap Eisti’anah.

Salah satu warga pesisir Demak, Nur Khasanah mengaku sudah berada di serambi masjid Agung Demak sejak magrib. Dirinya datang bersama keluarga dan kerabatnya sengaja untuk mengikuti pengajian Grebeg Besar dan mendapatkan nasi tumpeng maupun lainya dari prosesi tumpeng tersebut, dengan harapan apa yang didapatkan pada malam Idul Adha tersebut dapat membawa keberkahan.

“Hampir setiap ada acara Tumpeng Songo ini, saya datang ke masjid untuk ikut pengajian sambil menunggu dapat nasi tumpeng. Karena nasi yang sudah didoakan insya Allah membawa keberkahan. Dan Alhamdulilah tidak berebutan seperti tahun- tahun sebelumnya,” kata Nur Khasanah.(VID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini