Suasana ruang rapat paripurna istimewa padat dipenuhi para tamu undangan.(FOTO:TM/ Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Ketua DPRD Kabupaten Kendal Muhammad Makmun memimpin rapat paripurna istimewa dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-418 tahun 2023, di ruang rapat paripurna setempat, Kamis(27/07/2023).

Rapat paripurna ini, dihadiri Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Sekretaris Kendal, Sugiono, Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD), Kepala Bagian Setda Kendal, camat, direktur BUMN/BUMD, tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua partai politik, ormas, pemuda, dan puluhan tamu undangan lainnya serta para wartawan.

Muhammad Makmun menyampaikan terima kasih kepada seluruh tamu undangan karena telah memenuhi undangan pada rapat paripurna istimewa, dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-418 tahun 2023 ini.

Muhammad Makmun menyampaikan, bahwa sesuai dengan daftar hadir, ada 30 orang dari 45 orang anggota DPRD yang diharapkan hadir. Maka sesuai dengan peraturan tata tertib DPRD, pasal 134 ayat 2 bahwa rapat paripurna istimewa tidak diperlukan kuorum.

Muhammad Makmun menyampaikan, acara rapat paripurna istimewa ini, merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-418 yang akan diperingati bersama- sama pada hari Jumat 28 Juli 2023.

“Kami segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kendal, mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-418 tahun 2023. Dengan meneladani semangat para pendiri Kabupaten Kendal, jadikan hari bersejarah ini sebagai momentum untuk bekerja lebih giat lagi dalam rangka membangun Kabupaten Kendal tercinta,”kata Muhammad Makmun.

“Mari kita bangun toleransi dan kerukunan serta saling bekerja sama demi mewujudkan Kendal yang handal, dan semua aspek kehidupan masyarakat untuk mewujudkan Kendal yang bertema “ Sumber Daya Manusia Unggul untuk Kendal yang kompetitif”, tambah Makmun.

Makmun mengatakan, landasan hukum dilaksanakannya Hari Jadi Kabupaten Kendal adalah peraturan daerah Kabupaten Kendal nomor 20 tahun 2006 tentang Hari Jadi Kabupaten Kendal, yang telah diundangkan dalam lembaran daerah Kabupaten Kendal Nomor 20 tahun 2006 seri E, nomor 14 tanggal 22 Desember 2006.

Sesuai dengan peraturan daerah tersebut, lanjut Makmun, Hari Jadi Kabupaten Kendal, jatuh pada Selasa Pon tanggal 12 Robiul Awal 1014 Hijriah atau bertepatan dengan tanggal 28 Juli 1605 Masehi, pada saat pengangkatan kiai Tumenggung Bahurekso menjadi Bupati Kendal.

“Bupati Kendal pertama adalah kiai Tumenggung Bahurekso, yakni periode tahun 1605 hingga -1628. Setelah itu, bergantian bupati hingga sekarang atau 28 Juli tahun 2023 ini, genap 418 tahun,” ucap Makmun.

Sementara itu, Bupati Kendal Bupati Dico M Ganinduto dalam sambutannya mengatakan, bahwa atas nama pribadi dan juga pemerintah Kabupaten Kendal, pihaknya mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Kendal ke- 418 tahun 2023 kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kendal.

Dico M Ganinduto menyampaikan, di masa periode pemerintahan dirinya, yakni sejak awal tahun 2021 hingga sekarang, pihaknya fokus terhadap empat pilar pembangunan yaitu, Industri, Pariwisata, UMKM dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau Generasi 4.0.

Menurut Dico, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal, sampai saat ini bisa mencapai dan menjadi harapan dari Pemerintah Kabupaten Kendal.

Pada tahun 2022, di bidang industri, pertumbuhan investasi merupakan pertumbuhan tertinggi sepanjang masa yang pernah ada di Kabupaten Kendal dan pertama kali Kabupaten Kendal mendapatkan peringkat lima besar pertumbuhan investasi di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Ini merupakan upaya dukungan dari seluruh pihak termasuk dari para ketua dan anggota DPRD yang sudah mendukung segala program terkait dengan kemudahan investasi, dan memberikan kepercayaan kepada pemerintah untuk terus membangun komunikasi terhadap ekosistem investasi yang ada di Kabupaten Kendal,”terang Dico.

Dico berharap, multiplier effect terhadap pertumbuhan industri, bisa berdampak terhadap pertumbuhan Kabupaten Kendal dan juga bagaimana memberikan ruang seluas luasnya bagi masyarakat untuk bisa mendapatkan kesempatan bekerja di dalam kawasan industri.

Dico juga menyampaikan, terkait dengan upaya pemerintah Kabupaten Kendal dalam meningkatkan pariwisata yang ada di Kabupaten Kendal, pariwisata menjadi sektor penunjang dalam kemajuan industri.

“Pada tahun 2022, jumlah wisatawan yang datang ke Kabupaten Kendal sebanyak 1, 5 juta orang dan ini angka tertinggi sepanjang masa, yang pernah ada di Kabupaten Kendal. Ini artinya, bahwa industri dan pariwisata di Kabupaten Kendal bisa jauh lebih maju,”kata Dico.

Kemudian terkait dengan pertumbuhan UMKM yang ada di Kabupaten Kendal, di tahun 2022, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal mencapai angka 5, 8 persen atau di atas rata- rata provinsi maupun nasional secara umum.

Sehingga pertumbuhan ekonomi ini, data dari BPS, adalah bagaimana pemerataan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Kabupaten Kendal, juga berkaitan dengan perkembangan dunia UMKM atau ekonomi menengah, ekonomi makro yang sekarang sudah mulai jauh lebih menggeliat lagi di Kabupaten Kendal.

Dan terkait dengan pengembangan sumber daya manusia(SDM) yang ujung tombaknya yaitu pendidikan, bahwa indikator dari pendidikan, terkait dengan pertumbuhan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Kendal pada tahun 2022, angka lama sekolah di Kabupaten Kendal meningkat jauh signifikan dibandingkan dengan tahun- tahun sebelumnya.

“Artinya, kesadaran masyarakat untuk peduli dengan dunia pendidikan, bisa kita wujudkan bersama- sama pada tahun 2022, sehingga empat indikator pertumbuhan ekonomi yang kami tetapkan sebagai landasan untuk bisa memberikan yang terbaik di Kabupaten Kendal, sampai tahun 2022 semuanya bisa kami capai dengan baik,”ungkap Dico.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini