Bupati Sukoharjo, Etik Suryani sedang menyerahkan Tunas Kelapa kepada Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa.(FOTO:TM/ Hasna)

SUKOHARJO(TERASMEDIA.ID)-Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyerahkan Estafet Tunas Kelapa (ETK) kepada Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa, dalam rangka peringatan Hari Pramuka Ke-62 tahun 2023, di kompleks The Park Mal Solo, Kecamatan Grogol,Rabu(23/08/2023).

Sebelumnya ETK diterima dari Kabupaten Wonogiri di Balai Desa Gutpit Kecamatan Nguter sekaligus menjadi titik awal Estafet Tunas Kelapa di Kabupaten Sukohajro.

ETK merupakan kegiatan tradisi yang sudah berlangsung sejak tahun 1979 dan merupakan ciri khas kepramukaan di Jawa Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk manusia yang berkarakter, berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur sebagai warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila.


Selain itu, ETK juga sebagai upaya memasyarakatkan gerakan pramuka, menjadikan pramuka dan masyarakat sebagai bagian yang tak terpisahkan.

Setelah diserahkan oleh Bupati Sukoharjo, ETK akan dilanjutkan ke Kota Solo. Tujuan akhir dari kegiatan ETK ini adalah di Kwartir Cabang Pemalang sebagai tuan rumah upacara Hari Pramuka Ke-62 Tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah.

“Upacara tersebut nantinya akan dihadiri oleh Ketua Mabida Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo, yang akan bertindak sebagai pembina upacara,”kata Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

Pada peringatan Hari Pramuka tahun ini, tema yang diangkat adalah “Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Tema ini menekankan pentingnya pembentukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, profesional, dan memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi.(Hasna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini