Ketua MTA Pusat, Nur Kholid Syaifullah saat memberi keterangan pers di Pembukaan Pornas MTA di Klaten(FOTO:TM/ Hasna)

KLATEN(TERASMEDIA.ID)-Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Majlis Tafsir Alquran (MTA), secara resmi dibuka Bupati Klaten, Sri Mulyani dengan penyalaan obor, di Stadion Trikoyo, Sabtu (26/08/2023) sore.

Upacara pembukaan berlangsung meriah dengan penampilan seni ratusan santri. Ada penampilan reog Gogor Kencono Junior TPA MTA Wonosari 1, marching band Gita Bahana Ponpes MTA, demonstrasi pencak silat siswa MTA Surakarta, dan defile atlit peserta Pornas.

Yang menarik, ada tiga atlet penunggang kuda yang memanah papan lentur yang sudah disediakan panitia. Penampilan atlit ini sangat mengagumkan dan menarik perhatian para pengunjung.

Sebelum obor dinyalakan, api dari obor kecil dibawa oleh tiga atlit penunggang kuda dan diserahkan langsung kepada bupati. Nampak ikut mendampingi bupati Ketua MTA Pusat Nur Kholid Syaifullah, Dandim 0723/ Klaten Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo, Kapolres Klaten AKBP Warsono, dan jajaran Pengurus MTA.

Ketua Pelaksana Agus Mulyadi mengatakan, Pornas MTA tahun 2023 ini diikuti ribuan peserta dari masyarakat umum 1,720 orang, pelajar 227 orang, dan TNI-POLRI 50 orang.

Para peserta berasal dari Solo Raya, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan sejumlah daerah lain.

“Ada tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu sepakbola di Stadion Trikoyo, badminton di Juwiring, vertical rescue di Rowo Jombor, tenis meja di Ceper, bola volly di Delanggu, serta lari tujuh kilometer dan futsal,” kata Agus Mulyadi.

Ketua MTA Pusat, Nur Kholid Syaifullah menambahkan, Pornas diselenggarakan untuk menyambut gelaran Silaturahmi Nasional (Silatnas) ke- 4 MTA, yang akan diselenggarakan pada 24 September 2023 mendatang.

“Di Pornas MTA ini, kita harus bertanding dan berolahraga dengan mengedepankan akhlak yang baik. Tidak boleh mengeluarkan kata-kata kotor, tidak boleh mencederai lawan, tidak boleh mengumpat, dan lain-lain. Karena Nabi Muhammad diutus Allah SWT untuk menyampaikan akhlak yang mulia,” kata Nur Kholid.

Nur Kholid menambahkan, saat ini MTA sudah memiliki 604 cabang dan perwakilan dari seluruh Indonesia. Pada Silatnas ke 4 akan diresmikan 153 cabang dan perwakilan baru MTA dari seluruh Indonesia.

Bupati Klaten, Sri Mulyani sangat mengapresiasi Pornas MTA diselenggarakan di Klaten.

“Maturnuwun untuk para pengurus MTA dan panitia, yang telah bersedia memilih Klaten untuk Pornas MTA tahun ini. Semoga kegiatan berlangsung lancar dan sangat bermanfaat,” kata bupati.

Bupati menambahkan, bahwa pembinaan terhadap atlet tidak boleh berhenti. Bupati berharap, kegiatan Pornas MTA ini, mampu menjadi daya dorong pencapaian prestasi cabang olahraga di berbagai event.

Terlebih, lanjut bupati, MTA telah ikut mensukseskan program pemerintah yaitu mewujudkan Indonesia bugar dan berprestasi unggul.(Hasna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini