BLORA(TERASMEDIA.ID)– Berbagai langkah dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora untuk mensosialisasikan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Masyarakat.

Salah satunya dengan memaksimalkan peran Puskesmas yang ada di berbagai wilayah.

Kepala Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Blora, Edi Widayat mengungkapkan sosialisasi Germas sudah menjadi salah satu program wajib yang harus dilakukan setiap Puskesmas.

Namun kegiatannya sepenuhnya dilakukan sesuai kemampuan masing-masing Puskesmas.

” Itu di masing-masing puskesmas sudah ada programnya, tinggal dijalankan. Tapi untuk kegiatannya bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing Puskesmas itu sendiri,” kata Edi Widayat, Selasa (29/08/2023).

Seperti halnya yang dilakukan Puskesmas Sonokidul di Kecamatan Kunduran. Dengan menggandeng PMI mereka menggelar sosialisasi Germas dengan jalan sehat. Berbagai kegiatan digelar, mulai vaksinasi, cek kesehatan hingga donor darah.

” Artinya kami bebaskan masing-masing Puskesmas bagaimana mengemasnya. Bisa kolaborasi dengan siapa saja,” ujar Edi Widayat.

Ketua PMI Blora, Sutikno Slamet mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya menggandeng PMI untuk mensosialisasikan Germas di Masyarakat. PMI siap mendukung dan mensukseskan gerakan tersebut.

” Kami dari PMI tentunya berterima kasih karena mendapat kepercayaan ini. Kami baik pengurus maupun relawan siap untuk mendukung program Germas ini agar dapat dipahami masyarakat,” terang Sutikno. (MN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini