Suasana saat Rakerwil di Kudus.(FOTO:TM/ TA)

KUDUS(TERASMEDIA.ID)– Lembaga Pengembangan Pesantren (LPP) PWM Jawa Tengah menyelenggarakan rapat kerja pengurus selama dua hari dari tanggal 19-20 Agustus 2023 di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus.

Rakerda ini, menghasilkan banyak program strategis guna peningkatan mutu dan kualitas pesantren Muhammadiyah.
Dalam Pembukaan Rakerwil, ketua LPP PWM Jateng KH. M. Irzal Fadholi menyampaikan peran penting lembaga ini untuk mendorong dan membantu terwujudnya pesantren Muhammadiyah Jawa Tengah yang mandiri, unggul dan berkemajuan.

“Kami sebagai lembaga yang mendapatkan amanah dari PWM Jateng untuk membantu mewujudkan pesantren Muhammadiyah yang berkemajuan, oleh karena kita akan dorong pesantren Muhammadiyah di Jawa Tengah menjadi pesantren yang benar-benar menjadi percontohan pesantren Nasional. Selain itu Pesantren Muhammadiyah juga harus menjadi pusat kaderisasi ulama,”kata KH. M. Irzal Fadholi.

Rakerwil yang diikuti oleh seluruh pengurus LPP PWM Jateng, PWM Jateng dan Dewan Pakar LPP PPM KH. DR. Habib Chirzin dan KH. Prof. Dr. M. Jandra menghasilkan putusan rapat yang strategis yakni, peningkatan mutu dan kualiatas Pesantren Muhamamdiyah, membuat pilot project Pesantren Tafaquh fii addiin (Tarbiyatul Muallimin Muhammadiyah dan Tarbiyatul Salafiyah Muhammadiyah), pesantren sains dan matamatika, serta pesantren sebagai pengembangan lingkungan hidup.

Sementara itu, Dewan Pakar LPP KH. Dr. Habib Chirzin mengharapkan Pesantren Jawa Tengah menjadi role model atau percontohan pesantren muhammadiyah Nasional.

“Saya berharap Jawa Tengah menjadi percontohan pesantren Nasional Muhammadiyah untuk mewujudkan pesantren sebagai pusat kaderisasi ulama dan sebagai tempat pengembangan masyarakat,” ungkap KH. Dr. Habib Chirzin, yang juga tokoh perdamaian dunia ini.

KH. Habib s Chirzin sepakat, bahwa Pesantren Muhammadiyah di Jawa Tengah harus ada minimal 40 persen menjadi pesantren yang konsen tafaquh fii addiin mengikuti regulasi UU Pesantren dan kebijakan pemerintah.

Dalam penutupan Rakerwil Wakil Ketua PWM Jateng KH. M. Abduh Hisyam menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus dan komitmen untuk mewujudkan pesantren Muhammadiyah yang berkemajuan sehingga menghasilkan ulama berkemajuan.

“Alhamdulillah Rakerwil ini menghasilkan program kerja yang baik dan sekali lagi pesantren Muhammadiyah di Jawa Tengah harus mewujudkan pesantren yang ber tafaquh fii addiin, dan saya tutup Raker ini dengan bacaan Alhamdulillah,” sambut Kiai M. Abduh.

Rakerwil diakhiri dengan kunjungan ke Tempat Pemilahan Sampah dan limbah Biorekator Kapal Selam(BKS) di Langse Pati.(Tarqum Aziz).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini