Suasana Haul Kubro di Makam Tlogo, (Foto:TM/ Vid)

DEMAK(TERASMEDIA.ID)– Ribuan warga Dukuh Tlogo, Desa Batursari, Kecamatan Mranggen, Demak, menggelar Haul Kubro Makam Tlogo, Minggu (10/03/2024).

Haul Kubro Makam Tlogo ini digelar, dalam rangka tradisi nyadran atau ziarah makam sebelum Bulan Ramadan.

Kepala Dusun Tlogo, Nasta’in, mengatakan, selain kegiatan tahunan, Haul Kubro Makam Tlogo merupakan tradisi turun temurun yang digelar sudah puluhan tahun.

“Ini sudah menjadi tradisi dan adat istiadat warga Dusun Tlogo, yang sudah berlangsung 30 tahun. Dengan harapan, dengan menjaga tradisi ini, warga semakin rukun dan dipermudah segala urusannya,” ungkap Nasta’in.

Ketua RW yang sekaligus Ketua Panitia Haul, Fatkurrohman, menyampaikan bahwa peringatan Haul Kubro Makam Tlogo, diikuti oleh lebih dari 3000 warga Desa Batursari.

“Peringatan Haul ini diikuti oleh lebih dari 3000 warga Desa Batursari, khususnya Dusun Tlogo. Terkait dana, ini semua sengkuyung atau iuran suka rela dari masyarakat,” kata Fatkurrohman.

Menurut Fatkurrohman, Makam Tlogo merupakan area pemakaman untuk warga desa dan warga perumahan yang ada di Desa Batursari.

Menurutnya, tradisi nyadran sendiri merupakan tradisi yang digelar masyarakat Jawa sebelum Bulan Ramadan, yang salah satunya dengan ziarah kubur.(VID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini