Suasana konferensi pers di Makodim 0715/Kendal.(FOTO:TM/Ndre)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Forum Pengusaha Kendal (FPK) bekerja sama dengan Kodim 0715/Kendal akan menggelar acara “Bhinneka Festival Budaya Kendal 2023”, di Pantai Indah Kemangi( PIK) Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung, 15 – 17 September 2023.

Festifal Budaya ini dilakukan, untuk memperkenalkan Potensi Kabupaten Kendal, budaya dan produk- produk UMKM ke dunia luar agar Kabupaten Kendal tidak hanya terkenal kawasan industrinya saja, melainkan juga produk UMKM terutama kopi dan batik.

Ketua FPK sekaligus ketua panitia pelaksana, Syamsunar mengatakan, ada 11 rangkaian kegiatan yang digelar dalam acara “Bhinneka Festival Budaya Kendal 2023 ini, yakni Festival Batik Kendal, lomba membatik, kejuaraan terbuka catur di tepi pantai, pemecahan rekor Muri 555 orang menimang bola sepak takraw di tepi pantai, festival singo barong, lomba fotografi, festival kopi Kendal, festival UMKM, talkshow/ podcast, pelatihan entrepreneurship dan senam massal.


“Festival ini kami lakukan untuk mengangkat Batik Kendal. Sejarah lama, Batik Pekalongan belum booming, Batik Kendal sebetulnya sudah ada. Maka lewat festival ini, Batik Kendal diharapkan bisa lebih dikenal daripada Batik Pekalongan,”kata Syamsunar yang juga Direktur Falken UPVC ini, saat konferensi pers di Makodim 0715/Kendal, Senin(11/ 09/ 2023).

Selain itu, menurut Syamsunar, Kabupaten Kendal mempunyai potensi kopi yang luar biasa. Bahkan, ribuan hektar tanaman kopi tersebar di Kabupaten Kendal. Maka dengan festival ini, tidak hanya sekedar membuka acara, terus selesai seperti orang berjualan, namun yang diutamakan adalah adanya edukasi atau pelatihan sehingga anak- anak khususnya Kendal tahu, ternyata Kendal itu sangat luar biasa, tidak hanya kawasan industrinya saja, melainkan juga kopi dan batik.

“Kegiatan dimulai dengan Festival Batik Kendal, yang diisi dengan parade fashion show, lomba fashion show dan pameran batik Kendal. Kemudian ada Lomba Membatik Anak-anak “Cinta Batik Kendal”, ujar Syamsunar.

Dikatakan, bahwa Festival Kopi Kendal, akan diisi dengan pelatihan barista, lomba cupping dan FGD. Selain itu, Festival UMKM, yang diisi dengan bazar UMKM, lomba stand UMKM terbaik dan lomba produk unggulan UMKM.

Sementara itu Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii mengatakan, sebagai penanggung jawab keamanan di wilayah teritorial Kendal, pihaknya mendukung sepenuhnya kegiatan Bhinneka Festival Budaya 2023, yang akan digelar di Pantai Indah Kemangi ini.

“Ini adalah tantangan, sehingga saya tetap berkomitmen dalam rangka untuk memajukan Kabupaten Kendal di bidang budaya, ekonomi dan mendidik kita agar senantiasa lebih baik dari tahun sebelumnya,”kata Dandim 0715/ Kendal.

Dandim 0715/ Kendal juga mengatakan, semakin majunya teknologi dan memasuki era globalisasi, manfaat diadakan acara festival budaya ini adalah untuk memperkaya pengetahuan masyarakat tentang seni budaya modern, serta mengembangkan seni budaya lokal untuk dipromosikan.

“Saya ingin masyarakat Kendal itu sejahtera. Terlebih, potensi alam Kabupaten Kendal sangat mendukung peningkatan ekonomi di sektor pariwisata. Karena potensi alam suatu daerah akan semakin dikenal oleh masyarakat luas lewat penyelenggaraan festival seperti ini,”papar Dandim 0715/ Kendal.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini