Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki berjalan didampingi oleh pejabat Polres dan anggota TNI.(FOTO:TM/ Ndre)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Polres Kendal menggelar apel pasukan dalam rangka Operasi Zebra Candi tahun 2023 di halaman Mapolres setempat, Senin(04/09/2023).

Apel pasukan ini, diikuti oleh jajaran Kepolisian, TNI, sejumlah pegawai Dinas Perhubungan dan anggota Satpol PP dan dipimpin Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki.

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki yang membacakan amanat dari Kapolri menyatakan, bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya dalam rangka Operasi Zebra Candi Tahun 2023.

‘’Sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,’’kata Windu Suko Basuki.

Kegiatan operasi Zebra Candi 2023 ini berlangsung selama 14 hari terhitung dari tanggal 4 September 2023 sampai dengan 17 September 2023.

Perlu diketahui data jumlah kecelakaan lalu lintas pada operasi Zebra tahun 2022 sejumlah 720 kejadian mengalami kenaikan sebanyak 132 kejadian atau 22% dibandingkan periode sebelumnya. Jumlah pelanggaran lalulintas sejumlah 234.408 pelanggar serta tilang sebanyak 177.887 lembar.

“Guna mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi Kamseltibcar lantas dengan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder agar dapat diambil langkah yang komprehensif dan penekanan pada operasi Zebra Candi 2023 ini,” ujar Windu Suko Basuki.

Windu Suko Basuki meminta kepada personel yang terlibat dalam Operasi Zebra Candi ini, agar melaksanakan tugas secara profesional bermoral dan humanis serta menghindari polarisasi di masyarakat menjelang tahun politik, dan mengoptimalkan kegiatan edukasi dalam membangun kesadaran masyarakat.

Kapolres Kendal, AKBP Feria Kurniawan berpesan kepada seluruh personil yang terlibat dalam Operasi Zebra Candi 2023 ini, nantinya agar benar-benar bisa memahami cara bertindak yang harus dilaksanakan yaitu melaksanakan deteksi dini.

“Pemetaan terhadap lokasi yang rawan terjadi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, pelaksanaan penyuluhan kepada masyarakat tentang Kamseltibcar lantas melalui media cetak, elektronik maupun medsos,”kata Kapolres Kendal, AKBP Feria Kurniawan.

AKBP Feria Kurniawan juga meminta kepada seluruh personil untuk melaksanakan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas, melaksanakan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas melalui pemberian tilang maupun teguran secara elektronik dengan etle mobile serta melaksanakan tugas secara profesional, bermoral dan humanis.

“Optimalkan kegiatan analis dan evaluasi secara rutin untuk mengukur tingkat keberhasilan dan menghasilkan solusi atas kendala yang dihadapi. Tingkatkan pengawasan dan pengendalian selama pelaksanaan operasi berlangsung,”harapnya.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini