KLATEN(TERASMEDIA.ID)– Sebanyak 238 ibu hamil di Kabupaten Klaten mengikuti wisuda ibu hamil sehat di Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Senin (16/10/2023).

Para ibu hamil tersebut merupakan peserta kelas ibu hamil yang digelar di 34 wilayah Puskesmas yang ada di Kabupaten Klaten.

Para ibu hamil tersebut merupakan peserta kelas ibu hamil yang bakal mengikuti empat kali pertemuan secara tertib.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Anggit Budiarto mengatakan kelas ibu hamil ini digelar untuk meningkatkan pemahaman ibu hamil yang meliputi kehamilan, persiapan persalinan, hingga pengasuhan anak pasca melahirkan.

Menurutnya para peserta kelas ibu hamil antusias dan serius mengikuti setiap materi yang diberikan.

“Tujuan jangka panjangnya yaitu untuk mempersiapkan para ibu ikut berperan dalam mencegah kasus baru stunting pada anak,”kata Anggit Budiarto.

Selain itu, melalui kelas ibu hamil ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ibu hamil atas kehamilan hingga pengasuhan anak, dapat menekan angkat kematian ibu dan anak dalam proses persalinan.

“Dan yang tidak kalah penting, pemahaman ibu hamil atas kehamilannya, atas persiapan persalinannya, serta atas pengasuhan anak, diharapkan tidak ada kematian ibu dan anak,”ujar Anggit Budiarto.

Wisuda ibu hamil sehat secara simbolis ditandai dengan dengan pengalungan medali wisuda oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Bupati berharap dengan wisuda ini para ibu hamil menjadi lebih siap secara fisik dan mental menyambut hari kelahiran buah hati.

“Doa terbaik untuk para ibu hamil, semoga sehat dan lancar dalam persalinan,” ungkap bupati.

Dalam kesempatan tersebut, bupati mengajak seluruh ibu hamil di Klaten untuk turut mengambil peran aktif dalam pencegahan stunting pada anak sejak sebelum proses kelahiran.

Di antaranya dengan menjaga asupan nutrisi selama mengandung dan mempersiapkan pola asuh bagi calon bayi yang akan dilahirkan.(Hasna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini