Suasana Pembukaan acara Kendal Berkuda Equestrian Exchange Program 2023 di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal.(Foto:TM/ Ndre)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Bupati Kendal Dico M Ganinduto membuka kegiatan Kendal Berkuda Equestrian Exchange Program 2023 di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Kamis(16/11/2023) malam.

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari dimulai tanggal 15 sampai dengan 19 November 2023 di Santosa Stable Kecamatan Boja ini,diikuti sebanyak 72 orang peserta atau tim dengan rincian 60 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan 12 peserta dari Malaysia.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan kegiatan Kendal Berkuda Equestrian Exchange Program ini, dilakukan untuk meningkatkan pariwisata.

“Karena tahun 2021 itu, ada pandemi dan kita fokus mengembangkan sport tourism, dimana event- event berkuda ini, tentunya tidak akan bisa kita wujudkan di Kabupaten Kendal, kalau tidak ada semangat dari Ibu Ana, yang membangun Santosa Stable yang sekarang dikenal sebagai Stable yang terbaik diJawa Tengah,”kata Dico M Ganinduto.

Dico berharap, mudah-mudahan investasinya berjalan dengan lancar. Dan Santosa Stable terus menjadi destinasi pariwisata kebanggaan yang dimiliki oleh Kabupaten Kendal.

Kepala Disporapar Kendal, Ircham Chalid mengatakan, bahwa kegiatan Kendal Berkuda Equestrian Exchange Program tahun 2023 ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk kedua kalinya di Kabupaten Kendal, setelah dilaksanakan pertama di tahun 2022, alhamdulillah berjalan dengan baik dan sukses.

“Untuk tahun kedua ini, di tahun 2023, Kendal Berkuda,kami berkolaborasi dengan Equestrian Exchange Program Malaysia dan Singapura. Alhamdulillah rombongan dari Malaysia ini sudah datang di Kendal, namun mohon maaf untuk yang rombongan dari Singapura berhalangan hadir,”kata Ircham Chalid.

Menurut Ircham Chalid, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini, untuk meningkatkan prestasi para atlet berkuda melalui kompetisi berkuda, serta untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Kendal melalui event kejuaraan berkuda Equestrian Exchange tahun 2023.

Sedangkan rangkaian kegiatan Kendal Berkuda dilaksanakan di Santosa Stable Kecamatan Boja dengan waktu pelaksanaan selama lima hari yang dimulai tanggal 15 sampai dengan 19 November 2023.

Jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 72 orang peserta atau tim dengan rincian 60 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan 12 peserta dari Malaysia.

“Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain, pertama welcome party yang kami laksanakan di Pendopo Kabupaten Kendal malam hari ini, kemudian kegiatan talk show, lomba menggambar dan mewarnai, pasar UMKM produk unggulan Kabupaten Kendal dan rangkaian kegiatan lainnya,”jelas Ircham Chalid.

Sementara itu, Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia(Pordasi)Kabupaten Kendal, Chacha Frederica mengatakan, pada tahun 2022 lalu, Kendal Berkuda adalah acara pertama kalinya dilaksanakan.

“Hari ini adalah acara yang kedua. Semoga Kendal Berkuda Equestrian Exchange Program tahun 2023 ini, bisa menjadi salah satu awal mula persahabatan untuk atlet-atlet dari Kabupaten Kendal dan mengenal teman-teman yang datang dari Malaysia dan dari Singapura,”ungkap Chacha Frederica yang juga istri dari Bupati Kendal, Dico M Ganinduto ini.

Chacha berharap, semoga olahraga berkuda ini semakin berkembang dan semakin maju yang tentu, semua masyarakat Indonesia khususnya Kendal bisa sama-sama saling mencintai olahraga ini.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini