Suasana pelatihan di Hotel Amantis.(Foto:TM/ Vid)

DEMAK(TERASMEDIA.ID)-Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah membuka pelatihan matematika dan smart teaching jenjang SD bagi guru SD di Hotel Amantis Jl Lingkar Demak, Jogoloyo Wonosalam Demak, Selasa(21/11/ 2023).

Pelaksanaan pelatihan ini, menggandeng instruktur profesional dari Yayasan Adiluhung Yogyakarta, dan diikuti oleh 150 guru SD yang ada di Kabupaten Demak.

Dalam sambutannya, Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah mengatakan, seiring perkembangan zaman dan teknologi yang begitu pesat, diakui atau tidak, anak-anak turut berkembang pula nalar dan pola pikirnya.

Maka itu, pembelajaran yang menyenangkan melalui ‘smart teaching’ dan juga memperbanyak diskusi penting, dilakukan agar cara berfikir anak tidak terikat pada satu disiplin ilmu saja.

“Sebagai tokoh sentral di dunia pendidikan, guru dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif. Guru yang terampil dan cerdas atau ‘smart’ dalam menyelenggarakan pembelajaran, kunci keberhasilan dunia pendidikan,”kata Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah, Selasa (21/11/2023).

Menurut Bupati Demak, tidak hanya matematika saja, tapi semua mapel (mata pelajaran) harus bisa menyenangkan agar anak-anak merasa nyaman belajar.

“Ditambah pula, dengan mendidik anak tentang sikap saling menghargai, hormat kepada yang tua, serta menyayangi yang lebih muda. Maka aksi bullying juga turut terhindarkan,” ujar Bupati Eisti’anah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan(Disdikbud) Kabupaten Demak, Haris Wahyudi Ridwan menyampaikan, secara umum pelatihan atau bimtek dimaksudkan untuk mempersiapkan pendidik agar lebih profesional dalam menjalankan tugas, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga menilai hasil belajar.

“Pelatihan ini, bertujuan membantu guru berinovasi dalam proses belajar mengajar, utamanya matematika yang seringkali dianggap sebagai ‘momok’,”kata Haris Wahyudi Ridwan.

Selain itu, pelatihan ini juga dimaksudkan guna meningkatkan penguasaan materi dan kompetensi pedagogik guru dalam mensiasati perkembangan teknologi informasi, sehingga bermuara pada peningkatan kualitas pembelajaran matematika yang inovatif dan interaktif.(VID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini