BLORA(TERASMEDIA.ID)- Semarak Hari Kesehatan Nasional (HKN) turut dirasakan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata(KKN) reguler 8464 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Untuk menyemarakan HKN, mereka menggelar aksi donor darah di halaman SDN 2 Kamolan, Selasa (21/11/2023).

Koordinator tim KKN reguler 8464 UNY, Mohammad Noor Faizin mengatakan kegiatan digelar sebagai bentuk implementasi nilai-nilai kemanusiaan di masyarakat.

” Kegiatan donor darah ini kami laksanakan sebagai bentuk peringatan Hari Kesehatan Nasional serta dalam rangka pengimplementasian nilai kemanusiaan kepada masyarakat,” kata Faizin.

Dijelaskan, kegiatan donor darah ini digelar bekerja sama dengan PMI Blora. Kegiatan berlangsung selama tiga jam di halaman SDN 2 Kamolan.

” Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam. Selain itu dalam melaksanakan program kerja ini kami bekerja sama dengan PMI Blora. Kami disambut dan diarahkan dengan baik terkait pelaksanaan program donor darah ini,” ucap Faizin.

Menurut Faizin, berdasarkan hasil observasi masih banyak warga Kamolan yang belum mengetahui persis mengenai donor darah dan manfaatnya.

Banyak masyarakat yang masih menutup diri dengan donor darah karena stigma negatif jika donor darah akan menurunkan kondisi tubuh karena darah berkurang.

” Padahal tidak seperti itu kenyataannya. Kegiatan donor kemarin disambut baik oleh perangkat desa, dan dihadiri oleh beberapa perangkat desa, seperti lurah beserta istrinya serta sekretaris desa. Bahkan perangkat desa juga ikut berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya,” papar Faizin.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh kalangan muda wilayah Kamolan dan teman KKN lain yang berantusias dalam mendonorkan darahnya. Dalam kegiatan ini, sebanyak 25 warga mendonorkan darahnya.

Faiz berharap melalui kegiatan ini masyarakat lebih paham dan peduli untuk mendonorkan darahnya karena setetes darah sangat berarti bagi sesama.

” Harapannya setelah adanya program kerja ini di Kamolan, warga menjadi lebih aware akan donor darah dan kedepannya menjadi kegiatan rutin yang bisa dilaksanakan dalam mendukung nilai kemanusiaan,” jelasnya.

Ketua PMI Blora Sutikno Slamet mengapresiasi kegiatan donor darah para mahasiwa KKNR 8464 UNY ini.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat tahu akan pentingnya donor darah.

” Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi untuk para mahasiswa yang telah ikut serta mensosialisasikan pentingnya donor darah kepada masyarakat. Kegiatan ini sangat baik, karena selain dapat memenuhi ketersediaan stok darah di Unit Donor Darah (UDD) kami, juga menyampaikan informasi pentingnya donor darah. Donor darah ini membuat badan semakin sehat dan bugar,” jelas Sutikno Slamet.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Edi Widayat menyampaikan terima kasih atas partisipasi para mahasiswa KKN reguler 8464 UNY yang turut menyemarakkan HKN ke 59.

Ia mengungkapkan banyak kegiatan yang telah digelar pada HKN ke-59 tahun ini.

“Tentunya kami dari dinas menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang turut menyemarakkan HKN tahun ini. Kami di dinas juga telah banyak membuat kegiatan, mulai pemeriksaan kesehatan, bantuan air bersih, upacara dan terakhir kemarin kita gelar jalan sehat bersama di Alun-alun,” ungkapnya.(MN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini