GROBOGAN(TERASMEDIA.ID)– Ada yang unik di SMP N1 Purwodadi Grobogan, di hari penerimaan raport para siswa menggelar bazar. Berbagai jenis dagangan disediakan di sana, termasuk makanan dan minuman serta aneka lainnya.
Hal itu sengaja dilakukan untuk melatih kemandirian siswa dan membangun jiwa kewirausahaan.

Wakil Kepala Sekolah(Wakasek )SMP1 Purwodadi Suwadi, mengatakan, sejak dia bertugas di SMP N1 Purwodadi tahun 2017 lalu, tiap tahun kegiatan tersebut diselenggarakan.

Menurutnya, selain ini merupakan penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5 )kurikulum merdeka, dalam pembelajaran lintas disiplin ilmu tersebut siswa melakukan praktek langsung.


Dengan tujuan, agar siswa – siswi mampu mencari solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar, nantinya.

“Kegiatan sengaja dilaksanakan saat penerimaan rapot. Itu, agar mereka tahu bahwa di sekolah juga diajarkan kemandirian ekonomi,” kata Suwadi, Sabtu (16/12/2023).

Menurut Suwadi, agar lebih asyik dalam berdagang, anak -anak menggunakan kupon atau voucher, yaang sebelumnya dibeli dari panitia. Pada kupon tersebut juga tertera nominal uang besar dan pecahan, mulai dari Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, hingga Rp10 ribu.

“Untuk biasanya, omset penjualan dalam satu hari mencapai Rp 25 juta, dan uang hasil keuntungan dari bisnis itu, akan dikembalikan ke tiap kelas masing- masing untuk kas,” ujar Suwadi.

Salah satu siswi SMP N1 Purwodadi Sriatun, mengaku senang dengan kegiatan ini. Selain berbagai macam kuliner ada, siswa bisa praktek sendiri berwira usaha.

“Saya senang mengikuti kegiatan wirausaha di sekolah ini. Karena bisa melatih anak- anak untuk berwira usaha,” ucapnya.(Han)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini